Apartemen, Investasi Cerdas di Makassar

Pertumbuhan ekonomi di Makassar terus menggeliat. Semakin hari kendaraan terlihat semakin memadat. Pembangunan terus bertumbuh dengan sangat pesat. Berbagai perkembangan lainnya terlihat sangat kasat. Dibutuhkan firasat yang kuat untuk dapat berinvestasi dengan cermat. Berharap anak cucu kita kelak tidak hidup melarat.

sampul-apartemen

Anakku sayang, Mama dan Bapakmu bukanlah dari keluarga berada. Kami berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Tak ada warisan seperti keluarga lain yang dapat kami jadikan modal untuk memulai hidup yang lebih berkualitas. Di awal pernikahan kami memulainya dari nol. Perlahan kami mengumpulkan pundi demi pundi, berusaha semampu kami, kemudian menginvestasikan untukmu. Berharap kelak engkau bisa lebih produktif dengan investasi yang kami tanamkan.

Pertumbuhan Ekonomi Makassar

Di saat pertumbuhan ekonomi global tengah melemah serta berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi nasional, Kota Makassar yang kita tinggali ini tidak terlihat gamang. Bahkan kita bisa sedikit berbangga karena pertumbuhan ekonominya menembus angka 9,6% pada tahun 2015 yang lalu. Makassar menjadi kotributor terbesar pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang mencapai angka 7,15%. Angka yang cukup tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya mampu bertengger di angka 4,79%.

Berbanggalah, nak. Makassar cukup berhasil mem-branding diri sebagai gerbang perdagangan kawasan Indonesia Timur. Dengan dukungan infrastruktur yang berkualitas dan memadai, kota ini terus berbenah hari demi hari. Nilai strategis inilah yang berusaha terus digalakkan. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi. Mulai dari penguatan investasi, pertumbuhan infrastruktur, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan optimalisasi teknologi tepat guna yang dapat mendukung pembangunan.

Setidaknya ada 4 sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Makassar saat ini. Pertama adalah sektor konstruksi. Kedua sektor perdagangan. Ketiga sektor transportasi dan sektor keempat di bidang kelistrikan.

Anakku, konstruksi adalah pendorong terbesar pertumbuhan ekonomi di kota kelahiranmu saat ini. Sektor konstruksi yang selama ini hanya booming di pulau Jawa, mulai bergeser ke pulau Bali dan Sulawesi. Setiap hari kita disuguhkan proses pembangunan konstruksi yang baru. Mulai dari perumahan yang terus bertambah termasuk rumah yang kita tinggali saat ini. Hotel yang semakin banyak seperti yang sering kali engkau sebut setiap melihat gedung tinggi di pinggir jalan. Gedung-gedung perkantoran yang mencakar langit, yang sering membuatmu histeris dan berkata, “kantor bapak”. Hingga pembangunan apartemen yang makin banyak menanamkan tiang pancangnya seperti yang baru saja kita lihat kemarin.

konstruksi

Kelak engkau akan mengerti mengapa stabilitas ekonomi yang baik, dapat mengundang investor menanamkan investasinya. Performa infrastruktur kota kita yang terus membaik menjadi pemikat para investor. Apalagi didukung meningkatnya daya beli masyarakat di sekitar kita. Maka, bisnis properti menjadi salah satu primadona. Harga properti terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal itu menjadi pertimbangan kami lebih memaksa diri berinvestasi properti sekitar 3 tahun lalu, sebelum engkau terlahir di dunia ini. Beruntunglah dirimu nak, karena di usia seperti dulu Mama masih tinggal di rumah kontrakkan.

Investasi Apartemen di Makassar

investasi-apartemen

Sering kali Mama dan Bapakmu berpikir untuk berinvestasi pada investasi konvensional seperti deposito, saham dan reksadana. Tetapi karena dibutuhkan skill yang memadai untuk memilih investasi tersebut, kami masih memikirkannya lagi. Tetapi tidak demikian dengan investasi di sektor properti. Menanamkan investasi di bidang properti jelas akan menguntungkan, karena nilainya tidak pernah turun bahkan meningkat dari tahun ke tahun.

Lihatlah rumah yang kita tempati saat ini, meski terbilang baru dan lokasinya tergolong masih jauh dari pusat kota, tetapi harganya terus melejit. Nilai investasinya terus meningkat cukup signifikan. Tetapi kami kadang tak tega melihatmu harus menempuh jarak jauh setiap harinya. Berangkat sepagi mungkin dan pulang saat matahari telah tenggelam. Ingin rasanya pindah ke lokasi yang jauh lebih strategis dengan nilai investasi yang tentu lebih baik untuk masa depanmu.

Kemarin Mama mengajakmu survei ke salah satu apartemen yang terletak di salah satu lokasi paling strategis di kota ini, Vida View. Apartemen yang masih sementara dibangun tetapi sudah banyak yang laku. Bahkan tower pertama yang diprediksi selesai akhir tahun ini sudah sold out sejak lama. Hal itu mengindikasikan nilai properti ini cukup membuat banyak orang percaya. Sepulang dari sana Mama dan Bapak berhitung dan mendapatkan 5 alasan mengapa kami akan mengusahakan kelak bisa punya satu unit apartemen disana.

Imbal Balik Menguntungkan

fasilitas-vidaview-2

Untuk berinvestasi apartemen memang dibutuhkan modal yang cukup kuat terutama bagi kondisi ekonomi kita saat ini. Berada di lokasi strategis dengan fasilitas bintang 5 yang ditawarkan, wajar jika apartemen Vida View mempunyai harga jual yang tinggi. Tetapi dibandingkan dengan membeli rumah di sekitar lokasi yang sama, membeli unit apartemen jauh lebih murah bahkan bisa memberikan keuntungan yang terbilang cukup besar.

Membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan dapat menjadi investasi yang sangat menarik. Biasanya untuk dapat menempati unit yang baru dibangun membutuhkan waktu hingga 24 bulan, dalam jangka waktu tersebut kita sudah bisa mendapatkan keuntungan sebesar 30 persen bahkan 50 persen. Sekitar 2 tahun lalu saat Vida View baru direncanakan pembangunannya, harganya hanya 200-an juta tetapi hari ini sudah menembus angka 400-an juta. Maka beruntunglah mereka yang telah membeli unit saat itu. Pada 3 tahun kedepan, potensi keuntungan diprediksi bisa mencapai 80 persen bahkan hingga 100 persen. Di atas kertas investasi ini jelas-jelas sangat menguntungkan.

Di sisi lain, dalam 5 hingga 10 tahun mendatang kebutuhan apartemen akan terus meningkat seiring kemajuan Makassar menjadi kota metropolis modern. Infrastruktur Makassar yang terus bersinar akan menjadi gula yang akan dikerubuti oleh semut. Ditambah lagi dengan masuknya era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang memungkinkan banyaknya tenaga kerja luar negeri yang akan masuk di kota-kota besar Indonesia. Alasan-alasan di atas memperkuat besarnya potensi apartemen untuk menjadi investasi yang menjanjikan. Selain bisa kita jual dengan harga yang menguntungkan, memiliki apartemen juga memungkinkan kita untuk menyewakannya.

Resiko Kecil

ruang-tidur-orang-tua-wm

ruang-tidur-anak-wm

Resiko investasi apartemen terbilang cukup kecil meski modal yang dibutuhkan bisa dikatakan besar. Dengan membeli unit apartemen yang telah terintegrasi dengan berbagai macam fasilitas serta terletak di kawasan strategis, maka untuk menjualnya kembali akan sangat mudah. Vida View dibangun di salah satu kawasan yang paling pesat perkembangannya di Kota Makassar saat ini. Lokasi yang sangat dekat kemana-mana. Dekat dari area komersial, rumah sakit, sekolah dan sebagainya. Aksesbilitasnya sangat baik ke semua penjuru kota karena berada di tengah kota menjadikan Vida View salah satu hunian idaman banyak orang termasuk kita. Apalagi Vida View dibangun oleh developer terpercaya yang sudah cukup terkenal dengan manajemen yang sangat baik. Seiring waktu, bersama dengan makin membaiknya infrastruktur di Makassar, maka kebutuhan apartemen pun akan semakin meningkat.

Jika dibandingkan dengan investasi konvensional yang membutuhkan skill tertentu yang cukup memadai, investasi apartemen cenderung sangat mudah. Misalnya saja kita mampu membeli 3 unit apartemen seharga 400 juta, dengan jumlah pembelian 1,2 milyar. Maka hanya dalam tiga hingga lima tahun mendatang kita dapat menjual apartemen tersebut dengan harga dua kali lipat. Kita akan memperoleh investasi sebesar 2,4 milyar tanpa melakukan sesuatu hal yang berarti dan berisiko.

Perubahan Gaya Hidup

vida-view2

Menjadikan apartemen sebagai hunian bukan hanya dilakoni oleh pekerja yang kantornya dekat dari lokasi apartemen. Bahkan keluarga baru seperti kita berharap bisa menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Selain lebih praktis, beragam fasilitas yang disediakan membuat hidup bisa lebih berkualitas.

Apartemen bukan hanya sekedar sebuah hunian tetapi juga telah menjadi gaya hidup. Di dalam perencanaan apartemen VidaView yang kita lihat kemarin sangat dekat dengan kawasan perkantoran, terdapat sarana olahraga bahkan kolam renang yang menjadi favoritmu. Juga terdapat kios dan cafe yang memungkinkan kita untuk nongkrong cantik tanpa harus pergi jauh. Meski mall sangat dekat dari sana, kita tidak perlu ke mall lagi jika hanya sekedar ingin bermain. Sudah ada tempat bermain yang tersedia untukmu. Jika kita ingin mengadakan pesta dengan lokasi outdoor seperti BBQ Party, maka kita tidak perlu membayar uang sewa yang lebih mahal lagi, sudah ada area yang memang disediakan untuk itu. Bahkan jika Bapak ingin bermain futsal pun tidak perlu jauh-jauh lagi, di kawasan apartemen Vida View sudah tersedia. Kita tidak perlu melewati macet yang kadang melelahkan sekaligus memakan waktu untuk sekedar mendapatkan fasilitas di atas.

Tren perubahan tempat hunian ini bisa menjadi potensi untuk mendapatkan passive income yang berarti Mama dan Bapak tidak perlu bekerja untuk bisa menghasilkan. Kita bisa menyewakannya. Apalagi di tengah kemajuan Makassar, makin banyak pendatang yang tertarik menetap di kota ini, tidak terkecuali kalangan ekspaktriat. Mereka inilah yang akan menjadi target pasar untuk penyewaan apartemen yang telah kita investasikan.

Harapan untuk Hidup Lebih Berkualitas

ruang-nonton-wm

Mobilitas yang sangat tinggi seperti saat ini, membuat Mama kadang tidak punya waktu banyak untuk mengurus rumah. Tinggal di pinggiran kota menyita waktu dan tenaga yang sangat banyak. Kami pun kadang kasian melihatmu harus pulang lebih malam dari biasanya saat kami harus menyelesaikan berbagai hal.

Lokasi apartemen Vida View yang strategis tersebut sebenarnya sangat cocok dengan kondisi kita saat ini. Beberapa pekerjaan dan urusan bisa selesai jauh lebih cepat dibandingkan lokasi tempat tinggal kita saat ini. Selain itu segala fasilitas yang telah Mama ceritakan di atas, bisa menjadi alasan untuk kita bisa jauh lebih produktif.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa faktor keamanan menjadi sangat penting saat ini diantara kasus begal yang kian marak. Menempuh perjalanan jauh sering kali menghadirkan rasa khawatir. Belum lagi jika kondisi rumah yang kurang aman. Dengan tinggal di apartemen faktor keamanan akan lebih terjamin karena adanya sekuriti yang siap 24 jam. Hidup pun akan menjadi lebih aman dan nyaman, produktivitas pun akan bertambah.

Belum Banyak dikembangkan

Satu lagi alasan kuat mengapa kami berharap bisa segera berinvestasi unit apartemen. Seiring dengan perubahan gaya hidup serta permintaan untuk hidup yang lebih berkualitas di atas, permintaan apartemen akan semakin meningkat. Dengan berinvestasi apartemen, dirasa akan sangat menguntungkan karena belum banyak apartemen yang dikembangkan. Sedangkan kebutuhan hunian vertikal ini diprediksi akan meningkat sangat cepat dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun mendatang. Disaat permintaan semakin banyak, sementara penawaran masih sangat terbatas, maka harga jual dan sewanya pun akan  semakin tinggi.

Malam ini saya mengecup keningmu, nak. Sambil merapalkan doa semoga segala impian kita bisa segera terwujud. Kelak, satu unit apartemen impian kita akan menjadi kenyataan. Investasi yang kami dedikasikan untukmu. Warisan yang kelak akan engkau gunakan sebagai stimulan memulai hidup yang jauh lebih baik dari kami. Segala hal akan kami lakukan sebaik-baiknya bagimu. Karena sebanyak apapun investasi yang kami punya, engkaulah investasi terbesar yang kami punya. Investasi terindah, investasi yang tak ternilai.

investasi-apartemen-untuk-anak

8 thoughts on “Apartemen, Investasi Cerdas di Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *