Bahas Keputihan bersama HIJUP dan Softex Daun Sirih

Keputihan merupakan masalah hampir semua wanita. Namun ternyata, keputihan ada yang bersifat normal adapula yang abnormal. Beruntung hari itu, saya bisa menjadi salah satu peserta HIjUP Blogger Meet UP X Softex Daun Sirih. Saya dapat banyak ilmu terutama tentang keputihan yang saya tuliskan ulang di postingan ini.

Keputihan yang Bikin Worry

Sebagai perempuan, saya akui saya terlalu banyak worry. Dibandingkan suami, adik lelaki atau teman laki-laki saya. Makan lebih banyak, worry badan jadi tambah gemuk. Pakai baju dengan model dan warna tertentu, worry kelihatan lebih besar. Pakai make up yang salah, worry muka jadi jerawatan dan bruntusan. Umur bertambah, worry kerutan mulai kelihatan. Dan mengalami keputihan, worry kalau kenapa-kenapa dengan miss V. Serta banyak worry lain, yang saya rasa hampir semua perempuan mengalaminya.

Kekhawatiran tentang keputihan ini, cukup menyita perhatian. Apalagi setelah menikah dan melahirkan. Ditambah usia yang terus bertambah. Kondisi miss V sudah berubah dibanding saat masih gadis dulu. Lembab sedikit, keputihan langsung menampakkan dirinya.

Apalagi sejak berat badan saya bertambah pesat. Dulu saat program kesuburan, saya mengkonsumsi obat hormon. Dan hal itu membuat berat badan saya naik dan sulit terkontrol. Perubahan bentuk tubuh ini, membuat miss V jadi lebih mudah lembab. Apalagi, jika kegiatan lagi banyak di luar rumah. Kehadiran keputihan makin lama, membuat kurang nyaman dan terasa mengganggu. Kekhawatiran semakin tinggi melihat fakta kanker serviks yang semakin banyak dan beberapa diantaranya dimulai dari keputihan yang tidak normal. Dan kanker ini menjadi pembunuh nomor 1 perempuan di seluruh dunia. Ngeriii kan…?

Ketika membaca di grup blogger akan ada acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softef Daun Sirih “Ngobrol Sehat, Bebas Worry”, saya langsung bersemangat untuk ikut. Acara ini dihadiri seorang dokter Ahli Obstetri Ginekologi yang akan membahas kebersihan dan kesehatan miss V. Ilmu sepertinya memang harus segera saya upgrade apalagi mengenai organ intim ini.

Baca Juga : Coding Mum, Where Cool Mom, Meet Code

para peserta acara Bloggers Meet Up Hijup X Softex Daun Sirih

on20 didekor cantik dengan nuansa hijau putih

HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih “Ngobrol Sehat, Bebas Worry”

Hari itu, Jumat tanggal 8 Juni 2018. Makassar macet dimana-mana. Banyak yang sudah mudik ke Makassar. Dan penduduk dari kabupaten di sekitar Makassar lagi memenuhi kota untuk belanja buat lebaran. Perjalanan yang biasanya saya tempuh hanya 40-60 menit menjadi 2 jam lebih. Namun saya tetap berusaha untuk tiba di Hotel Aston, tempat acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih “Ngobrol Sehat, Bebas Worry” berlangsung.

Segera saya masuk ke hotel dan naik ke lantai 20. Acara keren ini memang diselenggarakan di On20 Bar & Dining Sky Lounge. Ruangan itu sudah di dekor dengan sangat menarik dengan dominan warna hijau dan putih. Menarik. Saya duduk di meja sebelah kanan. Untungnya acara baru saja akan dimulai.

Acara ini dihadiri puluhan bloggger perempuan di Makassar. Ada 3 narasumber yang akan ngobrol dengan kami sore itu. Ashri Rizqy Rabani, seorang Selebgram dan Konten Kreator yang berasal dari Bandung. Dr. Bram Pradipta, SpOG, dokter spesialis Obstetri Ginekologi dan Ibu Anastasia Erika yang merupakan Brand Manager PT Softex Indonesia.

Baca Juga : Apartemen, Investasi Cerdas di Makassar

Ashry Rizqy Rabani, Selebgram dan Content Creator

dr. Bram, SP.Og

Mbak Erika, Brand Manager PT Softex Indonesia sedang memaparkan kelebihan Softex Daun Sirih

Talkshow sore itu diawali dengan obrolan MC dan Ashri. Ashri menceritakan padatnya kegiatan dan tingginya mobilitasnya sebagai seorang content creator. Apalagi seringnya ia menggunakan leging yang ketat, seringkali membuat  miss V jadi lebih mudah lembab. Dan itu membuatnya jadi terganggu dan kurang nyaman. Karena tidak memungkinkan mengganti pakaian dalam setiap 3-4 jam sekali, dia mengandalkan pentyliner. Ashri mengaku tidak tahu, pantyliner yang baik digunakan seperti apa. Sering kali dia membeli merk apa saja yang ada di swalayan terdekat. Oleh karena itu, dia sangat senang diundang di acara HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih “Ngobrol Sehat, Bebas Worry”. Ia ingin menjawab pertanyaan dan rasa penasarannya terutama hal tentang kesehatan miss V.

Dokter Bram tampil berikutnya. Dan langsung menjawab rasa penasaran Ashry, sekaligus memberi saya banyak pencerahan. Terutama yang berkaitan dengan worry terhadap keputihan, kebersihan dan kesehatan orgam intim.

Mengenal Lebih Dekat Keputihan

Apa itu Keputihan?

Keputihan atau Flour Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi 2 golongan yaitu:

  1. Keputihan norma (fisiologis) adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur
  2. Keputihan abnormal (patologis) dapat disebabkan oleh infeksi, biasanya disertai dengan rasa gatal

Penyebab Keputihan

Baca Juga : Yah, Saya Akhirnya Hamil

Dari penjelasan dr.Bram, Sp.OG saya tercerahkan bahwa keputihan bukan semata-mata hanya masalah kebersihan. Tapi juga gaya hidup. Kebiasaan konsumsi alkohol, obat antibiotik yang berlebihan serta merokok menjadi salah satu penyebab keputihan. Selain itu kecendrungan stress dan berat badan yang terus bertambah juga bisa jadi penyebabnya.

Selain itu, dr. Bram, Sp.OG menambahkan penggunaan panty liner tidak selamanya baik. Justru jika salah penggunaannya akan berakibat makin banyaknya bakteri berkembang di permukaan panty liner.

Kapan Keputihan Mesti Diwaspadai

Bagi beberapa orang, keputihan akan sembuh begitu saja seperti keputihan fisiologis. Tetapi jika keputihan yang kita alami adalah keputihan patologis, jangan dianggap remeh. Karena jika tidak ditangani secara cepat, akan berdampak serius. Adapun ciri-ciri keputihan patologis yang dijelaskan dr. Bram, Sp.OG adalah sebagai berikut:

ciri-ciri keputihan patologis

Selain 3 ciri keputihan patologis di atas, hal di bawah ini juga mesti diwaspadai. Karena keputihan bisa menimbulkan infeksi di area orgam intim yang apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan peradangan. Dan dalam jangka panjang bisa menjadi awal terjadinya infertilitas dan penyakit komplikasi seperti kanker serviks. Adapun hal-hal yang harus diwaspadai yakni:

  1. Perubahan warna, konsistensi dan jumlah keputihan
  2. Orgam intim kemerahan dan iritasi
  3. Pendarahan antar siklus haid atau sesudah berhubungan atau pasca menopause
  4. Benjolan di orgam intim wanita.

Bagaimana Mencegah Keputihan?

Meskipun keputihan tidak dapat dielakkan akan dialami oleh setiap wanita, tetapi ada cara untuk mencegah atau setidaknya mengurangi timbulkan keputihan patologis. Dalam akhir presentasinya dr. Bram membagi tips cara menjaga kesehatan organ intim kita.

Sejak saat itu, saya tidak worry lagi terhadap keputihan. Karena dari presentasi dr. Bram, Sp.OG keputihan saya masih masuk dalam kategori normal. Hanya saja, saya masih harus berusaha mengubah gaya hidup terutama mengganti celana setiap 3 jam sekali. Hal ini memang bisa dibuat lebih praktis dengan penggunaan panty liner. Tetapi tetap berusaha menggantinya setiap 3 jam sekali.

“Jika tidak ingin ribet menghitung jam untuk mengganti, bisa dengan menggantinya setiap akan shalat” tambah dr. Bram, Sp.OG

Softex Daun Sirih

Pembahasan hari itu dilanjutkan oleh Mbak Anastasia Erika, Brand Manager PT Softex Indonesia. Tak dapat dielakkan, Softex menjadi brand yang sangat kuat dengan pembalut. Saking kuatnya mem-branding, seringkali kita menyebut Softex saat ingin membeli pembalut. Padahal yang kita beli justru pembalut merk yang lain.

Seiring perkembangan teknologi, Softex pun terus berusaha berinovasi. Mereka terus melakukan riset penggunaan pembalut di masyarakat. Kebiasaan masyarakat saat ini memang telah berubah dan cenderung menggunakan sesuatu berbahan alami. Dari hasil riset tersebutlah, Softex memasukkan bahan alami ke dalam pembalutnya. Daun sirih yang dipercaya sejak dulu sebagai antiseptik jadi pilihan bahan baku pembuatan pembalut dari Softex ini. Yang mereka beri nama Softex Daun Sirih.

Sore itu, mbak Erika menambah alasan mengapa kita harus memilih Softex Daun Sirih dibanding pembalut yang lain.

  1. Softex Daun Sirih paling mengerti kondisi wanita aktif karena bahan aktif daun sirih memiliki antiseptik alami yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri.
  2. Softex Daun Sirih memiliki kemampuan menyerap cairan dalam 1 detik sehingga dapat mencegah timbulnya bakteri karena permukaan pembalut yang lembab.
  3. Softex adalah pembalut pertama yang bersertifikat halal di Indonesia
  4. Softex Daun Sirih mengeluarkan varian kemasan 3 in 1. Hanya membeli 1 bungkus pembalut, sudah bisa memenuhi satu siklus haid.
  5. Chlorine free. Pemutih yang digunakan dalam Softex Daun Sirih adalah pemutih yang aman sesuai standar WHO.
  6. Softex Daun Sirih memiliki 6 varian yang beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Flatlay Photo Mini Workshop

Diakhir acara ternyata ada acara tambahan yakni Flatlay Photo Workshop yang dibawakan oleh Shandy Geta. Flatlay ini salah satu konsep foto yang saya gandrungi akhir-akhir ini. Jadi senang sekali, saat tahu acara ini juga memberikan workshop tersebut. Saya mencatat beberapa tips yang diberikan Shandy Geta.

  1. Gunakan background berwarna putih atau tekstur kayu
  2. Jangan terlalu lama berpikir. Atur saja, lalu jepret. Styling akan berubah sendiri saat kita sedang proses foto.
  3. Composition is the art. Silahkan memilih yang teratur atau berantakan. Masing-masing punya seninya tersendiri.
  4. Kreatif menemukan styling yang menarik dan berbeda dari yang lain
  5. Akhiri dengan editing. Selalu buat foto yang tajam dan terang. Bisa menggunakan snapseed ataupun VSCO di handphone.

Setelah menerima materi, kamipun dipersilahkan untuk praktek. Foto tersebut diunggah di Instagram dan dipilih pemenangnya. Alhamdulillah, saya menjadi salah satu pemenang dan dapat souvenir dari Softex Daun Sirih serta voucher dari HIJUP. Yeay senangnya…

flat lay softex daun sirih

Hasil kreasi foto flatlay karya saya

Bagi yang membaca ini sampai akhir, saya berikan voucher senilai Rp. 50.000 untuk pembelian di HIJUP minimal Rp.  250.000. Caranya mudah, cukup gunakan kode HIJUPSFTXMKS di akhir transaksi. Kode voucher ini berlaku hingga 12 Agustus 2018 loh. Buruan digunakan vouchernya sebelum waktunya berakhir.

*Tulisan ini diikutkan kompetisi blog HIJUP Bloggers Meet Up X Softex Daun Sirih

9 thoughts on “Bahas Keputihan bersama HIJUP dan Softex Daun Sirih

  1. Zilqiah Angraini

    Banyak betul memang worry-worry nya para wanita ya kak inart dan mmg itu sudah kodrat yg harus diterima, qt nya aja yg harus pintar2 menjaga . Untung ada event ini jd bisa paham dan ngobrol2 seputar miss V hihihiw.
    Btw keren popup infographic nya kak inart

    Reply
  2. Eryvia Maronie

    Softex adalah merk pembalut yang pertama saya kenal dan.masih tetap eksis sampai sekarang.
    Walopun kita carinya merk lain tapi kita tetap nyebutnya Softex, hahah…

    Reply
  3. Dawiah

    Softex memang sudah sangat dikenal sejak dahulu, termasuk saya yang sekarang sudah setengah abad.
    Softex adalah merk pembalut pertama yang ada di Indonesia.

    Reply
  4. MANGKAWANI

    Halo kk inart. Salam kenal. Saya juga ikutan acara Softex kemarin. Seneng banget deh bisa ikutan acara yang seperti ini.

    Btw, blog kakak keren banget sih. 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *