Melatih Motorik Halus si Kecil dengan Mengancing Baju Sendiri

Si kecil mengancing baju sendiri kelihatannya hal sepele. Namun rupanya, hal ini sangat baik bagi perkembangan motorik halus mereka. Kemampuan motorik halus yang baik berdampak pada kemampuan dan kognitif anak dimasa selanjutnya.

Eci Belajar Mengancing Baju Sendiri

Sebenarnya mau melatih Eci mengancing dengan alat peraga dulu. Semacam quiet book. Sudah download aneka macam bentuk sejak Eci belum cukup setahun. Nyatanya hingga Eci sudah 3 tahun, quiet booknya belum jadi juga. Entah mamanya sok sibuk atau memang lagi malas. Hehehe.

Sebenarnya setiap ke toko bahan alat jahit, sudah beli segala perlengkapannya untuk membuat quite book ini. Tetapi setiba di rumah disimpan begitu saja. Alhasil saat mood sudah terkumpul untuk membuatnya, bahannya lupa simpan dimana. Ya sudah akhirnya tidak jadi lagi.

Akhirnya mengajak Eci latihan langsung menggunakan baju. Setiap menggunakan baju yang berkancing saya mengajaknya untuk mengancing sendiri. Jangan mengira dia langsung mau dan bisa. Tidak. Awal-awalnya Eci minta mama saja yang mengerjakannya. Tetapi saya tidak menyerah, saya mengajaknya berulang kali hingga akhirnya dia tertarik. Penasaran untuk mencoba.

Dan drama mengancing baju pun dimulai. Karena penasaran, dia berusaha. Sayangnya tidak semudah itu untuk berhasil. Beberapa kali ia terlihat frustasi. Hingga memohon pada mama untuk membantunya. Dia terlihat kacau. Antara penasaran dan jengkel karena tidak bisa. Tetapi saya cukup senang melihat prosesnya. Setidaknya ada minat. Dan saya tidak memaksa karena keinginan dia sendiri.

Pernah suatu hari ada sekitar setengah jam saya membiarkannya bereksplorasi dengan kancing. Berhasil memasukkan satu kancing ke lubangnya membuat dia makin penasaran di lubang selanjutnya. Saat saya mengajukan diri untuk membantu, dia malah berkeras menolak. Akhir cerita dia kelelahan. Saya hanya memeluknya dan meyakinkan bahwa suatu hari dia pasti bisa.

Tak lama sejak kejadian itu, perlahan ia pun berhasil. Mulai dari satu kancing hingga semua kancing di bajunya terpasang. Kesenangannyamemilih baju berkancing setiap sudah mandi.

Baca Juga: Eci Pipis Sendiri

Manfaat Belajar Mengancing Baju Sendiri

manfaat belajar mengancing baju

Mengajari si kecil untuk mengancing baju sendiri memang kelihatannya mudah bagi kita yang telah dewasa. Tetapi tidak bagi anak seumuran Eci. Mengajarinya dapat dimulai dari mencontohkan hingga membiarkan dia bereksplorasi sendiri. Rajin melatihnya mengancing baju sendiri sangat bermanfaat untuk masa depannya.

Melatih Motorik Halus

melatih motorik halus

Motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian tubuh tertentu saja. Dilakukan oleh otot-otot kecil. Seperti kemampuan menggunakan jemari tangan dan gerakan pergerakan tangan yang tepat. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga tetapi membutuhkan kecermatan dan koordinasi yang bagus.

Kecerdasan motorik halus anak berbeda-beda. Dalam hal kekuatan maupun ketepatannya. perbedaan ini juga dipengaruhi oleh pembawaan anak dan stimulai yang didapatkannya. Sebagai orang tua, kita mempunyai pengaruh yang lebih besar dalam kecerdasan motorik halus anak. Jangan sampai kecerdasan anak dari lahir yang luar biasa tidak mendapatkan stimulasi untuk perkembangannya.

Semakin baiknya gerakan motorik halus anak membuat dia dapat berkreasi. Seperti menggunting kertas, menggambar, mewarnai, serta menganyam. Pada tahap jangka panjang, kemampuan motorik halus yang baik akan membuat pekerjaan anak menjadi lebih detail.

Koordinasi Mata dan Tangan

koordinasi mata dan tangan

Pada dasarnya sebuah stimulasi motorik halus akan melatih koordinasi mata dan tangan. Hanya saja untuk stimulasi mengancing baju sendiri agak berbeda. Karena koordinasi yang dilakukan terdapat di pakaian yang dikenakannya. Tentu taraf kesulitannya lebih tinggi. Dia harus menunduk untuk melihat dan memastikan jari-jarinya bekerja dengan benar.

Semakin tinggi tingkat koordinasi mata dan jari, maka semakin tinggi pula keterampilan kompleks yang dimiliki si kecil. Ia akan lebih mudah belajar pada proses yang lebih rumit. Dan akan lebih mudah menyelaraskan gerak yang utuh. Pada proses jangka panjang, hal ini akan berdampak pada kemampuan seni dan olahraganya.

Melatih Kemandirian

melatih kemandirian

Mandiri bukan hanya sekedar anak bisa melakukan pekerjaan sendiri. Tetapi bagaimana ia menyelesaikan masalahnya. Jika kancing yang belum terpasang diumpamakan sebuah masalah. Maka dengan membiarkannya mengancing baju,  dia akan mencari solusinya sendiri.

Ada saatnya anak akan dilepas sebagai dirinya sendiri. Dan tugas orang tua untuk mencukupkan kemampuannya sebelum ia betul-betul mandiri.

 

12 thoughts on “Melatih Motorik Halus si Kecil dengan Mengancing Baju Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *