Yah, Saya Akhirnya Hamil

Walaupun saya PCOs dan suami Teratozoospermia, alhamdulillah Tuhan menganugerahkan kehamilan untuk saya. Setelah hampir 2 tahun menikah, akhirnya hamil.

akhirnya ada 1 testpack yang menunjukkan dua garis setelah puluhan tespack yang hanya satu garis. Terlalu sering telat, terlalu sering testpack

Akhirnya Hamil

Perutku mulai terlihat membuncit, dengan sekali melihat, mereka dengan mudah menebak kalau saya sedang hamil. Ucapan selamat pun dihaturkan, lalu saya membalas dengan senyuman dan mengucapkan terima kasih. Bagi yang awalnya tidak tahu, kini menjadi tahu. “Sudah berapa bulan?”, tanya mereka. “Sudah lima bulan”, jawabku.

Memang kabar kehamilanku tidak kusebarkan. Hanya keluarga dekat saja yang tau. Bersama suami saya menikmati setiap keluhan di masa awal kehamilan. Lemas, berat badan turun drastis, kepala pusing, hingga beberapa kali flek yang membuat saya harus bedrest, dan banyak keluhan lain, berusaha saya nikmati. Tidak saya keluhkan. Setelah hampir 2 tahun menikah, akhirnya ada embrio yang berhasil berkembang di rahimku dan itu adalah karunia luar biasa yang harus saya nikmati.

Baca Juga: Jadi Dimana Sekarang

Dua Tahun Kosong

Dua tahun bukan waktu yang singkat, terutama bagi saya yang terlahir di keluarga yang bisa dikatakan “subur”. Dalam keluargaku, siapa saja yang telah menikah, tak sampai 6 bulan mereka telah mengabarkan kehamilan. Bahkan berkembang kalimat “dilemparkan kancutpun akan hamil”. Namun hingga setahun pernikahan kami, tak ada tanda-tanda kehamilan. Beberapa keluarga, teman dan kerabat yang menikah setelah kami, bergantian mengabarkan kehamilan bahkan kelahiran. Keluarga pun mulai bertanya bahkan tidak sedikit yang mengintimidasi termasuk Ibu saya yang sudah sangat menginginkan cucu sepeninggalan Etta. Banyak kata-kata yang makin lama terdengar makin menyakitkan, pertanyaan-pertanyaan yang membuat tertekan dan pernyataan-pernyataan yang membuat hati menangis.

Setahun menikah, saya mulai melakukan kontrol ke dokter karena siklus haid yang tidak teratur yang sebenarnya terjadi mulai dari saat saya masih remaja. Tetapi hingga 3 kali promil, saya tidak juga hamil tetapi berat badan saya terus meningkat. Tanpa obat kesuburan, haid saya kembali tidak teratur. Telat namun negatif. Hingga akhirnya saya didiagnosa PCOs yaitu suatu keadaan dimana sel telur saya kecil-kecil dan sulit matang tanpa bantuan obat diakibatkan hormon saya yang tidak seimbang.

Saat itu, saya memutuskan untuk berhenti ke dokter. Karena meski mengkonsumsi obat untuk memperbesar sel telur dan mematangkannya, saya tidak juga berhasil hamil.

Hari-hari saya lalui dengan berbagai terapi agar hamil. Makan dan minum apa saja yang disarankan untuk hamil. Tapi selalu saja haid telat namun negatif. Dan saat darah haid itu keluar, saya tak bisa menahan diri lagi untuk tidak menangis. Semalaman saya habiskan untuk menangis layaknya anak kecil, menumpahkan segala kesedihan hingga kadang membuat suami saya khawatir. Bagiku itu adalah malam-malam yang sangat kelam.

Sejak remaja haidku tidak teratur dan ternyata saya suspect PCOs atau kondisi dimana sel telur banyak, kecil dan sulit matang

Bulan Juli 2013 akhirnya kami memutuskan untuk ke dokter lagi. Entah apa yang menggerakkan hatiku kala itu, padahal sebelum-sebelumnya saya menolak ke dokter karena efek obat kesuburan membuatku makin gemuk dan membuat moodku jadi tidak enak. Kali ini kami memutuskan memeriksakan diri ke dokter khusus konsultan infertil. Hasil USG menunjukkan diagnosanya sama dengan dokter sebelumnya, saya PCOs. Ada penyesalan dalam hati, kenapa tidak saya obati sejak saya masih remaja? Mengapa disaat saya telah menikah dan sulit hamil baru tau penyakit ini?

Terapi kesuburan pun dimulai lagi. Obat yang super pahit dengan jadwal yang teratur dan efek samping obat yang membuat mood saya kacau dan berat badan bertambah harus saya jalani demi untuk dapat hamil. Setiap hari ke-12 harus usg lagi untuk memastikan sel telurnya membesar. Namun meski dosisnya ganda, hanya ada satu yang membesar itupun agak lambat. Terapi bulan pertama tidak berhasil. Bulan kedua, juga belum berhasil. Bulan ketiga juga tidak ada tanda-tanda kehamilan. Saya pasrah dan lagi-lagi hanya bisa menangis.

Hingga akhirnya suami memberanikan diri untuk analisa sperma. Saya menemaninya ke lab saat itu. Saat melihat mukanya murung sepulang mengambil hasilnya, firasatku mengatakan ada yanh tidak beres. Betul, hasilnya tidak sesuai keinginan, kesimpulannya dia teratozoospermia yaitu keadaan dimana bentuk sel spermanya tidak normal dan tidak dapat membuahi. Tidak tanggung-tanggung ada 98% sperma yang abnormal itu berarti hanya ada 2% saja yang normal.

Setelah melihat hasil itu, kami berpelukan sangat erat. Saling menguatkan satu dan lainnya. Meski dia tidak mengeluarkan airmata, tapi saya tahu hati terdalamnya sangat sedih. Rupanya kami berdua memiliki masalah kesuburan hingga saya belum juga hamil. Inseminasi atau bayi tabung menjadi rencana kami selanjutnya.

Namun sebelum rencana itu kami laksanakan, Tuhan mengirimkan mukjizatnya. Dikala haid saya telah terlambat hampir 30 hari karena kembali tidak teratur lagi dan dokter telah memberikan obat peluruh haid. Tanpa merasakan tanda-tanda hamil saya memutuskan melakukan tespack karena meski obat peluruh haidnya sudah hampir habis, darah haid saya tidak juga keluar.

Baca Juga: Anak adalah Titipan

Testpack Positif

Tanggal 9 november 2013 adalah tanggal yang tidak pernah saya lupa. Subuh itu saya mengambil tespack di meja yang saya beli semalam, tespack dengan harga paling murah. Tanpa berharap apa-apa saya celupkan tespack itu dan meletakkannya begitu saja. Ternyata hanya satu garis. Saya pasrah, mungkin memang belum saatnya saya hamil. Saya pun mengambil air wudhu untuk shalat subuh. Sebelum meninggalkan kamar mandi, saya melihat tespack itu sekali lagi dan betapa kagetnya saya ketika melihat ada 1 garis lagi yang muncul meski samar. Dengan rasa tidak percaya saya memberitahu suami. “Dua garis, dua garis” hanya itu yang mampu saya katakan dan segera shalat subuh sekaligus sujud syukur. Saya menangis terharu sekaligus bahagia dalam shalat subuh hari itu. Rupanya ia tidak mengerti apa yang saya katakan hingga akhirnya dia melihat sendiri hasil TP itu di kamar mandi. Setelah shalat kami berpelukan dengan rasa penuh bahagia.

Besoknya saya membeli TP lagi dengan merk yang berbeda dan harganya lebih mahal. Hasilnya sama 2 garis. Karena masih tidak percaya saya kembali membeli tespack 2 hari kemudian dan sekali lagi hasilnya 2 garis. Malam itu juga kami memutuskan ke dokter untuk USG dan benar ada kantong kehamilan di rahimku.

Hingga hari ini, embrio itu terus berkembang menjadi janin yang telah kurasakan bergerak-gerak dalam perutku. Ini adalah mukjizat. Meski kami sama-sama tidak subur, tetapi Tuhan tetap menganugerahkan. Kami akan menjaganya dengan sepenuh hati kami.

Setelah kehamilan itu saya baru menyadari, mungkin memang Tuhan sengaja menundanya karena berbagai alasan. Tuhan memang paling tahu apa yang terbaik untuk hambanya.

Baca Juga : Melahirkan itu

Hasil analisa sperma teratozoospermia yaitu kondisi dimana bentuk sperma tidak norma

Tiga kali TP dengan merk yang berbeda karena masih tidak percaya

Hasil USG pertama setelah TP, terlihat kantung kehamilan. Baru betul-betul yakin, kalau saya akhirnya hamil

96 thoughts on “Yah, Saya Akhirnya Hamil

  1. syafii

    kondisi yg mbak alami sama mirip plek hasilnyaseperti saya mbak.semoga Allah memberikan momongan kepada keluarga kami mbak.minta doanya nya mbak.
    aminnn yarobalalaminnn

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      tetap ikhtiar dan berdoa, Insha Allah suatu hari Allah akan mengijabah doanya. Aamiin

      Reply
  2. afe

    Hai mbak, salam kenal. Baca postingan mbak saya jd seperti ngaca, hehe. Cm bedanya saya masih berikhtiar sampai skrg.
    Obat2 hormon emang bikin gemuk ya…kirain cm saya doang yg rasa bgitu. Prnh dosis 2x lipat eeh yg matang pun 1 saja n itupun belum cukup besar, padahal setelah gak lg minum obat ternyata bisa matang jg.
    Suami pun kejadiannya mirip mbak. Setelah saya bolakbalik ke dokter n minum obat2an tp masih blm kunjung hamil akhirnya bersedia cek k lab dannnn hasilnya jumlah sangat sedikit sampai tidak terlihat di pemeriksaan. Sudah 2bln kami konsul ke androlog, dgn obat2 an yg sekalli tebus 1jt lebih. Vonis dokter sih walau bayi tabung pun kmungkinan berhasilnya kecil sekali. Sedih waktu dengar itu. Tp lebih sedih suami. Tp dokter kami jg menambahkan klo dengan izin Allah semua mungkin saja terjadi,jd kami pun diminta tidak putus berdoa dan berusaha dari sisi agama (sedekah, tahajud,dhuha, dll).
    Mohon doanya buat semua yg membaca, agar kami diberikan anugrah keturunan secara alami..
    *jadi curcol deh. Just share ya mbak..

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Semoga bisa dimudahkan dan disegerakan. Tidak ada yang mustahil. Tetap semangat, mbak dan salam kenal

      Reply
  3. benu

    Mbak…istriku juga sama. Baru hari ini didiagnosis pco…perjuangan makin berat…krn setahun lalu hamil diluar rahim yang berujung ke operasi laparotomi (KET) yang meyebabkan tuba valopi kirinya di potong… 😓…kalo boleh tau seberapa lama mbak dan suami berhenti konsumsi obt dr dokter sampai akhirnya hamil? Karena dokter menyarankan istri saya untuk terapi diet dan olahraga dulu tanpa obat2an…terima kasih ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Salam kenal mas Benu.
      Apapun masalahnya tetap yakin ada Allah yang maha memberi, kemungkinan hamil selalu ada.
      Kalau istrinya tidak punya riwayat PCo sejak remaja, kemungkinan penyebab PCo nya adalah stres. Beri dia ketenangan, mungkin bisa sesekali diajak liburan sambil di dukung untuk berprilaku hidup sehat. Jauhkan semua makanan yang mengandung banyak zat kimia dan olahraga teratur.
      Saya sempat berhenti ke dokter sekitar 1tahun lalu program lagi.

      Reply
  4. Retno Wulandari

    Hai mbak,
    saya sampe menangis bacanya ๐Ÿ™‚ menangis haru ikut senang.. saya sekarang 3bulan promil di spog tapi tetep sel telur tidak bisa besar.. dibutuhkan perjuangan extra, extra sabar, extra kuat dll… hehehe
    selamat ya mbak.

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Tetap semangat ya, mbak. Tuhan tahu waktu yang terbaik untuk kita. Nikmati masa pacarannya dulu

      Reply
  5. yesi iqomaddin

    subhanaallah. . .alhamdulillah mbak. . seneng banget saya baca kabarnya. selamat ya mbak..semoga debay sehat walafiat dan bisa lahir dengan seamat begitu juga dengan ibunya. bismillah. . .

    kebounik.blogspot.com

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Terima kasih mbak. Alhamdulillah srkg debay sudah 10 bulan, tumbuh sehat, lincah dan ceria

      Reply
  6. Rara

    Subhanallah,,,walhamdulillah…
    Saya senang bgt bacanya mba, sampe nangis saya, hehehe…
    Sebenarnya cerita mba hampir sama sama saya, cuma bedanya saya belum dikasih kesempatan oleh Allah untuk menjadi seorang ibu, saya juga didiagnosis sel telur kecil2, suami juga sperma teratozoospermia dan aglutinasi positif hingga 50%. menurut dokter androlog kami memang susah untuk hamil secara normal, mungkin insem dan bayi tabung solusi yg terbaik yang mereka kasih ke kami. tapi kami masih ingin hamil secara normal.
    Membaca postingan mba membuat saya lebih semangat lagi, karena yaaa jujur aja mba, saya malah sudah merasa pasrah dan putus asa dengan kondisi saya. belum lagi kalo ada teman kantor yang hamil lagi, atau yg belom ada 6 bulan menikah sudah hamil. rasanya nelongso bgt di hati, hehehe…
    Yah, mudah2an aku cepat ketularan jadi seorang ibu ya mba…

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Sabar ya mbak, kita termasuk orang2 pilihan. Selalu yakin dan percaya aja. Ayo dong semangat…

      Reply
  7. Wati

    Saya juga gitu… Sedihnya uda hampir 2 tahun belum dikasi.kata dokter sel telurnya kecil kecil……minta doanya ya, ni lagi promil untuk kesekian kali mudah mudahan berhasil….amin

    Reply
  8. aldo

    Qita berdoa buat semua yang punya masalah dengan susah hamil, mudah2an cepat selesai dan terlewati ujian ini dari Allah swt.. dan apa yang kita inginkan dapat tercapai. Amiiin.. dengan kekuasaan Allah dan Izin-Nya.. pasti bisa hamil..Insya Allah pasti dikabulkan keinginan qita. Amiin

    Reply
  9. meymey

    Sedih mbak.., rasanya campur aduk,,, setelah dokter kmrin sore bilang kalo saya pco dan suami saya aligo astheno… Ya Allah gak tau mau bilang apa… Tapi setelah baca posting mbak… Mudah2an Allah sayang pada kami dan memberikan kami keturunan juga Amiin…

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Semangat mbak, Insha Allah akan diberikan keturunan. Terus bersabar dan berikhtiar

      Reply
  10. Sisca

    kasusnya sama seperti saya mba, tp sayang belum diberi kepercayaan oleh Tuhan. Tetep Semangat, semoga ada MujizatNYA. Amin 0:)

    Reply
  11. yanti

    alhamdulillah…. selamat ya mba, terharu sekali saya bacanya… saya juga udah setahun lebih menikah dan diagnosis sel telur kecil-kecil. dari obat obatan, ke tukang urut..sampe makan makanan penyubur udah di jalanin tp sampe sekrg belum dikasih kepercayaan sama ALLAH.. bscs artikel mba sy jadi semangat.. tetap doa,usaha,dan ikhtiar yakin pasti ALLAH sudah merencanakan yg terbaik untuk qt semua. mohon doanya ya mba…

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Tetap usaha dan berdoa, mbak. Mungkin masih diberi kesempatan untuk pacaran dulu sama suami. Nikmati saja masa-masanya, kelak kalau sudah punya anak akan merasakan syukurnya pernah punya banyak me time atau waktu berdua dengan suami.

      Reply
      1. Asih

        Subhanaallah Mba, pasti seneng ya..mba dapat dipercaya sama ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ู diberi momongan. Kasus Aku juga hampir sama ,sama Mba. Pasti sedih rasanya Kยชlโ˜บ divonis PCO.Kยชlโ˜บ aku malah sudah pernah Inseminasi dan Bayi Tabung tapi usaha Kami belum berhasil mba. Doain ya agar kami semua ฦดยชฮฎฤŸ menanti momongan biar dapat terwujud. Aamiin.

        Reply
        1. Winarni K Suprimardani Post author

          Tetap semangat ya mbak. Yakin dan percaya saja akan ada waktuny nanti yang penting jangan berhenti untuk berusaha. Kami mendoakan, mbak Asih

          Reply
  12. Ani

    Assalamualaikum mba winarni..
    Sya dan suami sudah 2th menikah, setahun yg lalu pernah hamil tp KET.
    Dan malam ini suami pulang kerja bilang sudah cek dan hasilnya sm sperti suami mba terazoospermia. Sedih, shock, hmpir ngrasa putus asa. Alhmdllh nemu artikel ini.
    Mau tanya mba, dlu suami sebelum mba hamil sdh minum vitamin ago obat2an?
    Trimakasi

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Waalaikum salam…
      Tetap semangat mbak, Insha Allah tetap ada jalan. Suami saya blm sempat ke dokter hingga akhirnya saya hamil. Hanya mengganti celana dalam yang lebih longgar, makan semangka dan minum habbattusauda.

      Reply
  13. Aviian

    Ya ampun mba, nangis saya bacanya jadi inget keadaan kami. Saya juga pengen bgt hamil, lagi jalanin program hamil ke dokter karena 1 tahun lebih nikah belum hamil. Cek darah, cek sperma, HSG, histeroskopi, diatermi, suntik dan obat dijalanin semua mpe disuruh inseminasi tapi masih bimbang dengan biaya dan hasilnya takut mengecewakan. Saya telornya kecil2, haid tidak teratur, suami spermanya yang bagus kurang jg. Ya Alloh semoga ikhtiar kami membuahkan hasil seperti mba ya, doain ya mba biar cepet hamil. Rasanya cape mba ditanya orang mulu apalagi digampangin dan disepelekan orang sekitar, iri liat yang habis nikah langsung pada tekdung, nangis tiap malam rasanya kurang.

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Nggak usah nangis terus, mbak. Karena nangis malah membuat hormonnya makin berantakan. Tidak usah dipikirkan kata orang, buat diri merasa bahagia setiap hari dengan melakukan hal-hal yang kita sukai, dengan begitu hormonnya akan stabil sehingga sel telurnya bisa lebih berkualitas. Tetap semangat ya, mbak.

      Reply
  14. Sarah

    Allah maha kaya, saya sampai berkaca-kaca membaca ceritanya, cerita mba ini jadi motivasi buat saya dan suami yg sdh menikah hampir 3thn agar lebih semangat lagi untuk mendapat keturunan, dengan berDoa, berobat serta hidup sehat.

    Reply
  15. chacha

    Ceritanya hampir sama dgn saya, cuman alhamdulillah setelah 5bulan ke alternatif indung telur nya skrng udah normal, hanya saja indung telur nya tinggal satu, memang sblumnya udah d angkat karna kista, dan skrng tinggal suami yg terayozoospermia,normal’y 1% dan abnormal’y 99%….dan sampai saat ini masih blm di percaya punya momongan…mdh2an bisa secepat’y bisa diberikan momongan….aamiin

    Reply
      1. tiara

        Baca artikel bunda saya jadi ikut menangis, kebetulan saya juga pco, tp suami blm sya cek, saya sedih saya yg baru kaya gini aja, suka ngeluh terus, pdhl ada yg lbh perjuangannya dari saya. Doakan saya ya bun, agar secepatnya saya pun hamil

        Reply
  16. Anna

    Saya juga mengalami hal yang sama 6 bln menikah was2. Periksa pcos. Dksh penyubur.. minum 1 bulan bersama glucola.udah pasrah aja (.pdhl.katanya bru 6 bln) tp dah lemes krn didiagnosa itu. Tp stlh 1 kotak habis. Saya hamil. Dan kini kandungan sudah masuk 7 bulan. Yang penting emng pasrah ajah. Semangattt yahhhh bunda yang lain…

    Reply
  17. Niknok

    Subhanallah walhamdulillah laailaahailallahu allahuakbar…

    Sekali selamat ya Bunda. Sy ikut seneng dan bahagia bacanya. Membuat sy semakin yakin ga ada usaha yg tidak membuahkan hasil. Sekali lg selamat ya bunda… ๐Ÿ™‚

    Bulan ini sy memasukin usia ke 7 bln pernikahan dan kebetulan jg blm mendapatkan rezeki anak. Semoga taun 2016 saya jg akan seperti bunda. Menjadi seorang ibu. Amin ya rabbal alamin…

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Terima kasih, mbak. Alhamdulillah sekarang anak saya sudah berusia 1,5 tahun. Tetap berusaha dan berdoa mbak, yakin saja akan ada waktunya

      Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Insha Allah akan ada saatnya mbak. Tetap bersabar dan jangan berhenti berdoa dan berusaha.

      Reply
  18. nis

    menangiska baca ini post ta kak inar, td cum search google ‘cara agar sel telur besar’
    pas buka ini baru sy liat eh kak inart pale…
    sy kecil ki sel telurku, tiga bulan mi promil dgn obat penyubur, tp yg kiri selalu tdk ada yg besar, yg kanan ada itupun cuma 1, bulan lalu ditambah dosisx, yg kanan ada 2 besar tp kiri nd ad lg yg besar, klo suamiku Alhamdulillah normal ji,, sy ji agak bermasalah ๐Ÿ™

    kenapaka jd curcol huaaaaa hiks

    Reply
  19. sity nur islamadhina

    Ya alloh sy smpai terharu bacanya stlah 2,5 thn mnikah sy pun blm knjung hamil skrg sdg program,smga Allah pun mmberikan ridhonya untk sy dan suami agar mmliki momongan.aminn

    Reply
      1. shiva

        Hai mb salam kenal,

        Aku baru aja branikan diri ke dokter kandungan untuk priksa, krna haid sudah 4 bln tak kunjung tiba, tkut ada kista atau miom,
        Kebetulan direkomen ad dokter kandungan bgus bs untuk curhat,

        Pas dipriksa usg rahim aku sehat., pas di cek trans v ternyata sel telur aku kecil”, pantes sudah hampir 10bln nikah aku blm hamil,, skrg aku disuruh minum obt preven sm dokternya untuk 7hr. Agar haid ku tratur, dan disarankan olahraga 2 x smnggu dan diet

        Doain aku ya mb biar bs hamil ky mb

        Artikelny bermanfaat skli, dan membuat calon ibu lbh semangat untuk promil

        Reply
        1. Winarni K Suprimardani Post author

          Salam kenal mbak Shiva. Selain pola hidup yang sehat, kebanyakan pikiran juga mempengaruhi haid. Jadi dinikmati saja prosesnya mbak. Coba sesekali pergi liburan

          Reply
  20. Endang sri lestari

    Salam kenal mbk,,,,subhannallah y mbk akhirnya hamil,,aq jg lg promil semoga aq cepet nyusul mbk biar hmil amiinnnn mntk do,anya y mbk

    Reply
  21. Angie

    Masyaaallah.. Nangis bacanya mbak.. Terharu.. Saya udah 2 tahun nikah.. Blm dikasih karunia itu. Tak ada yang mustahil ya mbak. Apapun keadaannya. Mesti terus usaha berharap dan positif thinking. Hehe.. Nyemangatin diri sendiri critanya.

    Reply
  22. Citra

    Salam kenal mbak,
    Saya juga penderita PCo
    haid saya jd tdk teratur, terkadang 6 bulan baru datang. sedih banget kalau harus bolak balik ke dokter namun tak kunjung berhasil juga.
    Hasil lab suami menyatakan semua baik2 saja hanya disuruh jangan begadang dan merokok dikurangi saja, dan tdk membutuhkan obat apapun. masalahnya full ada di saya, semoga saya bisa seperti mbak, walau penderita pco, bisa dipercayakan hamil secepaatnya krn sy sdh menikah slma 5 tahun tepat 25 februari nanti. minta doanya semuanya.

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      PCo nya karena apa mbak? Coba membiasakan hidup sehat agar sel telurnya bisa matang sempurna

      Reply
  23. Widya Nur Rahayuningtyas

    Assalamu’allaikum Mbak,
    Subhanallah, Allahuakbar….
    Selamat atas kehamilannya…
    Saya baca ceritanya sangat sangat terharu….
    Saya bs bayangkan betapa senangnya…
    Saya jg msh terus berusaha & berdo’a agar bs dikaruniai anak yg sholeh ataupun sholehah..
    April besok genap 7 th Kami menanti do’a & ikhtiar Kami diijabah oleh Allah…
    Semua ฤŽokter yg kami kunjungi bicara ฤทlau kami normal.
    Mohon bantuan do’a nya agar penantian Kami akan hadirnya buah hati segera berakhir.
    Aamiin…Aamiin…Aamiin Yaa Robbal’allamiin.

    Reply
  24. aprikartikasariharisudjoko@gmail.com

    Assalamualaikum…Subhanallah, membaca kisah Mbak Saya jadi terharu. Saya memiliki kasus yang sama dengan yang Mbak alami. Bahkan sama juga bahwa Saya kini (kurang lebih selama setahun) juga vakum promil. Saya dan suami berada di titik terpasrah kami karena kami yakin Allah jauh lebih tahu kapan waktu terbaik bagi kami untuk mampu diamanahi momongan. Bantu kami dengan doa ya Mbak. Semoga keajaiban yang Mbak alami juga menjadi rezeki kami. Amin ya Robb

    Reply
  25. anggie novyani

    kisahnya sama persis sama yg aku alami mba ๐Ÿ™
    tp bedanya sperma suami aku normal dan gak ada masalah ๐Ÿ™‚
    terkadang suka down klo lg ditanya orang tentang kehamilan :'(
    allah maha tau segala yg terbaik bagi umatnya , insya allah semua dpt terjadi krn kehendaknya ๐Ÿ™‚
    semangat buat semua penderita PCOs jgn mudah menyerah …

    Reply
  26. Sri Rahayu

    MasyaAllah mbk inar…sampe berkaca-kaca mata saya baca artikel ini. Saya didiagnosa sel telur kecil juga mbk sama dokter, ini sudah bulan kedua saya minum pinfetil. Semoga saya dan suami segera diberi amanah dan rejeki keturunan soleh solehah ya mbak kayak mbak inar… aamiin #amat sangat berharap mbak…

    Reply
  27. Markani

    Kk winarni msh qt ingat obat apa na ks ki dokter? Untk qt dan.suami? Kebetuln sm.masalah ta, sel telurq.kecil2 cuma.sperma suamiq kurang. Dn berobatx d dok mana? Sy d blkmba almtq, klu qt?

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Hai Markani. Saya tinggal di Makassar. Saya konsul di dr. Nusrat di Awal Bros, dikasi obat penyubur tapi saya lupa merknya. Coba meki kapan-kapan konsul kesana

      Reply
  28. nikenoniken

    Assalamualaikum ka, mau tanya. Sebelum TP positif, apa kakak sempet minum obat penyubur dari dokter? Saya juga pco, ka. Saat periksa ke dokter hari ke 12 mens, sel telur masih kecil2. Alhamdulillah dibulan yang sama, saya hamil tanpa minum obat penyubur, karena dijadwalkan utk minum obat penyuburnya pas bulan depannya. Sekarang usia kandungan saya 7w.

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Alhamdulillah senang dapat kabar gembira. Waktu saya telat di usg tapi belum ada tanda kehamilan, jadi dikasi obat agar haid. Setelah ditunggu-tunggu haidnya tidak datang tapi malah positif hamil

      Reply
  29. noname

    Assalamualaikum mba win.. sy juga PCOs.. dan baru tau +_ 8bln ke belakang.. krn pada awal2 pernikahan qt ga ngebet untuk segera dpt momongan jd tdk memeriksakan dan lbh memilih pacaran dulu dan mengisi sejumlah agenda travelling yg sudah direncanakan dr sebelum menikah.. di thn ke dua pernikahan baru qt mulai ke dokter dan didapati aku PCOs tetapi suami jg merasa perlu memeriksakan spermanya dan hslnya so far so good walopun pergerakan sperma suami lambat (krn perokok berat) tp msh dianggap bs membuahi.. sy diberikan KB Diane oleh dokter sy supaya mens sy teratur.. dan sy pun diberikan inlacin dan forbetes.. setelah mens sy diberikan obat penyubur blisefin ato apalah sy lupa.. diminum slama 5hr pd jam yg sama di hari ke 5 menstruasi.. 3 hr setelah hbs obat tersebut kembali USG dan hslnya sel telur sy msh kecil2.. sedihhh sihh..tp saat ini dokter kembali memberikan resep dan berharap semoga tgl 6 Juni nanti sel telur sy matang dan dapat di buahi.. sy sangat berharap ada miracle krn tgl 19 Mei kemarin sy berulang thn ke 28.. dan 26 Mei skr usia pernikahan kami menginjak thn ke 3.. cerita mba win sangat membahagiankan sy krn msh ada harapan dan banyak miracle.. krn jujur saja saat ini sy merasa down krn hampir smua tmn dekat sy sudah memiliki keturunan.. malah yg baru menikah pun 1 bln kmuadian hamil pdhl memiliki riwayat kista.. lalu tmn sy yg sm2 PCOs pun sdh bs hamil dan baru saja melahirkan..
    perjuangan msh berlanjut ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Salam kenal, mbak. Perlu dipahami dulu bahwa PCos penyebabnya berbagai macam. Ada yang memang karena hormon sejak lahir, ada yang dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat – suka makan-makanan berpengawet, berwarna, dsb. Dan yang terakhir yang paling banyak dialami wanita yang belum hamil PCos akibat stress. Coba jauhkan dulu hal-hal yang membuat stres, buat kondisi mbak menjadi sebahagia mungkin, dengan begitu PCO’s akan berubah dengan sendirinya. Tetap semangat mbak.

      Reply
  30. Winarni K Suprimardani Post author

    Salam kenal mbak Pertiwi. Semoga selalu diberikan kesabaran yang melimpah. Insha Allah akan diberikan pada waktu yang tepat, tetap ikhtiar dan berdoa.

    Reply
      1. Winarni K Suprimardani Post author

        Setelah menikah saya sempat bekerja namun akhirnya berhenti karena sering kelelahan sehingga Pco saya makin parah

        Reply
  31. ROS

    semoga saya juga bisa seperti mba,,, tpi saya mlah tdak pernah haid dan indung telor saya kecil saya sudah sangat pasrah,,, saya sudah bingung berobat sana sini tetap hasil nya nihil,,, semoga mukjijat itu turun kpd saya,,, karn saya sudah pesimis,,,

    Reply
  32. ros valent

    Curhatan mba menguatkan hatiku, smgat ku bangkit kembali..
    Slma ini aq mrasa bebanku untuk mendapatkan keturunan cukup berat
    Tuk di sandang, aq putus pengharapan, jalan 5 tahun ini aq
    Dan suami menanti hal yg membahagian itu, tp tuhan blm
    Memberikan jg, kalau nurutin pikiran mungkin sudah gila kali
    Dari dulu, gimana gak, dari pihakku sudah punya ank semua
    Dari pihak suami jg, gak ada yg mengeluh dan gak ada yg kesusahan
    Untuk mendapakan keturunan, sementara aq keluar masuk RS,tkng urut,Jamu, tp ttp NIHIL,Tapi setelah aq baca tulisanmati

    Aq hidup kembali yg slma ini mnrut aq driku ini sudah mati
    tmksh mba menyempatkan diri untuk berbagi pengalaman
    Lewat curhatan, smga kmi yg mempunya keluhan yg sma sprti mba
    Cpt menyusul, dan mendapatkan keturunan, dan buat mba
    Smga bahagia, langgeng sehat sll jg ank mba.. Mksh bnyk aq
    Dah bangkit lg lewat tulisan mba..

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Alhamdulillah mbak, klo tulisan ini bisa memberikan pencerahan kembali kepada mbak. Cobalah lebih rileks lagi, mbak. Insha Allah akan tiba waktunya

      Reply
  33. reinarosse

    Terharu baca postingan Mbak. Moga Tuhan juga memberikan anugrah yg sama pada keluarga saya.
    Sepiii rasanya hampir 3 tahun blm ada momongan. Dan lagi yg paling g enak badan jd gede gara2 obat penyubur dr dokter naik smpe 15 kg tp blm isi juga.

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Sabar ya, mbak. Semoga akan tiba waktunya. Saya juga pernah mengalami badan membengkak karena obat penyubur.

      Reply
  34. Renita Nurafriani

    Allhamdulillah ya mba udh di percaya sama Allah, aku blm menikah. udah dari setahun yg lalu siklus haid aku ga teratur. sempet menstruasi berlebihan juga, kmren pas di usg katanya sel telur aku kecil2 sehingga aku harus konsumsi pil KB sampe 3 bulan sebelum aku nikah. semoga bisa normal kembali dan setelah menikah bisa cepat hamil. aamiin

    Reply
  35. tata

    luar biasa menyentuh mba ceritanya..saya jg termasuk salah satu wanita yg dititipkan PCO ..smga ALLAH segera memberikan obat dari kondisi kt ya calon bunda2.. tetep smngat ikhtiar dan tawakal..smga ada kabar baik dlm wktu dkt ini..slg mendoakan ya bund..

    Reply
  36. Jeny

    Subhanallah, saya terharu membacanya Allah memang Kuasa hal mustahil bqgi manusia jika Dia menghendaki bisa terjadi, saya jg sm di vonis mengidap pcos setelah 3 bln haid di tp 3 kl hasil – bgtu jg dg hasil lab, mudah2an sy jg mengalami hal yg sama stlh penantian pjg slma 5 th

    Reply
  37. Amanda Permata Sari

    Halo mbak, salam kenal. Saya Amanda dari Makassar.
    Baca artikel mbak, sekitar 2minggu yang lalu pas saya pulang dari Dokter yang awalnya mau datang untuk program hamil tau-taunya pas di usg transvagina malahan baru ketahuan problem yang selama ini baru saya temukan.
    Hasil USG nya menunjukkan PERSIS seperti hasil USG yang mbak lampirkan di artikel ini, sangat persis. Sebelumnya saya baru mendekati genap 4 bulan sudah menikah sejak Mei lalu, namun saya dan suami sudah sangat ingin mendapatkan buah hati.
    Ketakutan saya sudah saya pikul semenjak masih gadis mengingat jadwal menstruasi saya benar-benar tidak teratur, dan pada saat haid pun kadang hanya sebentar saja. Selama itu saya sempat berobat ke beberapa dokter namun tidak ada yang berhasil memperbaiki siklus menstruasi tersebut dengan diagnosa hormon saya bermasalah. Diterapi obat hormon beberapa kali sampai berat badan saya cukup meningkat namun sampai menikah siklus tersebut tidak juga membaik, akhirnya saya pasrahkan semua kepada Allah SWT.

    Dua minggu lalu, saya dan suami saya berniat ke dokter untuk segera melakukan program hamil. Namun hasil USG saya mendapatkan bahwa sel telur saya sedikit dan kecil-kecil persis hasil USGnya mbak. Pada saat itu, saya benar-benar down dan sangat terpukul, yang kutakutkan bahwa saya sulit memiliki anak hari itu sudah terjawab. Semua perkataan dokter sampai hari ini masih terngiang-ngiang terus di kepala saya. Setelah usg, dokter memberikan obat Regumen (peluruh haid) sebanyak 20butir diminum selama 10 hari. Diperkirakan saya akan haid 3hari setelah obat itu habis, dan saya diberikan rujukan untuk melakukan tes terhadap beberapa kadar hormon saya. Sekarang saya masih menunggu menstruasi itu datang dan segera memeriksakan ke lab. Entah apalagi hasilnya kelak, namun saya sangat berharap nasib saya bisa seperti mbak. Sewaktu pulang dari dokter 2 minggu lalu, saya ketik keyword “Sel telur kecil” dan muncullah artikel mba yang membuat saya sedikit tersenyum dan mendatangkan aura positif bagi saya agar dapat hamil. Mohon arahan dan doanya, mba. Terimakasih ๐Ÿ™‚

    Reply
    1. Winarni K Suprimardani Post author

      Hai Amanda salam kenal…
      Saya sangat senang jika artikel ini bisa menjadi inspirasi positif bagi yang mengalami masalah yang saya alami.
      Saya juga mengalami haid yang tidak teratur sejak masih remaja, selain karena hormon juga pola hidup yang tidak teratur. Oleh karena itu saat promil saya mulai mengubah pola hidup lebih sehat, rajin makan sayur, menghindari makanan frozen dan rajin olahraga. Mungkin hal ini bisa Amanda lakukan sebelum promil agar hormonnya sedikit membaik. Semoga dikarunia buah hati pada waktu yang tepat

      Reply
    1. Amanda Permata Sari

      Mba, boleh minta saya kontak langsung sm mba via medsos? Soalnya betul2 yg di artikel ini saya alami juga mba, hari ini suami saya habis tes analisa sperma dan hasilnya sama dengan hasil tesnya suami mba. Saya betul2 sangat terpukul dan butuh support dan solusi dri mba. Wa saya: 08114166886 / line: @amandapsari
      Saya tunggu mba, sy sangat2 membutuhkan bantuan mba. Terimakasih,wassalam

      Reply
  38. FYD

    salam kenal,
    setelah baca postingan mba, saya jadi bersemangat untuk berusaha agar bisa segera hamil.
    benar kata mba, “mungkin memang Tuhan sengaja menundanya karena berbagai alasan. Tuhan memang paling tahu apa yang terbaik untuk hambanya.”.
    semanga.! Semangaaaaaaaaaaaaaaaattttttttttttt.
    mohon do’anya ya mba dan bunda-bunda, semoga saya dan teman-teman yang belum dikaruniai anak akan disegerakan oleh Allah SWT. aamiin.
    terimakasih ceritanya, terima kasih telah menginspirasikan kami.
    sehat terus ya mba,

    salam hangat,
    FYD

    Reply
      1. ina

        cerita dr tmn2 slalu memotivasi sy…. sama jg dg saya, 10 bln mnikah blom jg ada tnda2 khamilan,haid sy teratur tp blakangan stelah puasa, siklus haid sya jd 42 hri. Sy dan suami mmtuskn untuk cek k spog. Dan sy PCO. Entah knp, sy tdk mrsa hrus brsdih ato bgaimna, krn dr awal komitmen kami, apapun yg terjdi, mskipun hal trbrukpun, i.Allah ada jalan. Suami dmnta cek sperma, hasilx pun krg bagus, oligoastenoteratozoospermae.. kami tetap optimis, bahwa smw pnyakit psti ada obatx klo mw brusaha. Stiap hr sy buat jus 3 diva untk sy dan suami. Tdk lupa sy turuti ap kata dokter untuk olahraga dan diet agr bb turun 5-10%. Sgt ssh trnyta…. saat ini sy sdg mnjlani terapi hormon dan metformin…. seemangat teman2…. Allah tahu usaha qt….. jgn mnyerah……

        Reply
  39. Pingback: Inart's Story - Melahirkan itu... -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *