Rasulullah is My Doctor

Allah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali Dia juga menurunkan obatnya (HR Bukhari)

Buku ini pilihan suamiku saat kami ke toko buku, di pertengahan bulan lalu namun sebenarnya saya lah yang paling membutuhkan buku ini. Diantara bersaudara, sejak kecil, saya yang paling sering sakit. Mungkin karena ibu tidak sempat memberikan ASI, karena ketika saya lahir beliau sedang sibuk kuliah semester akhir. Entahlah.

rasulullah-is-my-doctor-jerry-d-grey

Judul : Rasulullah is My Doctor

Penulis : Jerry D. Gray

Penerjemah : Tetraswari

Penyunting : Ivan Satria

Penerbit : Sinergi Publishing

Cetakan Keduabelas, Ramadhan 1433 H/ Juli 2012

Tebal : 266 halaman

Akhir-akhir ini, anekdot bahwa orang miskin dilarang sakit semakin sering mencuat di media. Biaya kesehatan memang semakin mahal, jangankan yang miskin, orang yang hartanya berlimpah pun akan terkuras habis. Padahal, sudah sejak dulu Rasulullah mencontohkan bagaimana berprilaku sehat dan menyembuhkan penyakit dengan resep-resep relatif murah dan tidak sulit untuk dipraktekkan. Dari latar belakang tersebutlah buku ini lahir. Jerry D Gray mantan angkatan udara Amerika Serikat yang setelah memutuskan menjadi muslim mendalami tentang pengobatan islami, ia membagi pengalamannya di buku ini.

Anda harus sadar – Anda harus percaya! (hal. 24)

Hal pertama yang ditekankan dalam buku ini adalah jiwa dan raga harus menyadari dan mempercayai bahwa Al Qur’an adalah penyembuh bagi segala rasa sakit. Agar obat ini dapat bekerja, kita harus percaya sepenuhnya kepada Allah SWT yang MahaTahu. Hanya dengan percaya, obat kenabian, Insya Allah, akan bermanfaat. Karena sesungguhnya, semuanya di tangan Allah, Dia tahu yang terbaik untuk kita. Buku ini juga mengajak kita untuk berdoa, sebagai obat yang sangat ampuh. Tidak ada biaya apapun yang dikeluarkan, namun manfaatnya tidak dapat dibandingkan dengan obat apapun di dunia ini.

Ada penyembuhan dalam jintan hitam untuk semua penyakit kecuali kematian (HR Bukhari) – hal 82

Telah jelas di atas bahwa jintan hitam memiliki kemampuan untuk menyembuhkan semua penyakit, Jintan hitam kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang memainkan peran penting dalam kesehatan manusia. Jintan hitam membantu mengatur metabolisme kita, mengeliminasi racun, menyeimbangkan tingkat insulin, mengatur kolestrol, meningkatkan sirkulasi ubuh dan meningkatkan fungsi hati.

Bagian kedua buku ini menguraikan tentang ramuan alami dan saran-saran sesuai pengalaman penulis dan menerapkan pengobatan kenabian. Mulai dari terapi penglihatan, berbagai ramuan pasar dan cara pengobatan alami lainnya.

Bagian terakhir buku ini memaparkan kritik penulis terhadap kekacauan medis yang ada saat ini. Obat medis yang banyak beredar justru membunuh karena merusak sistem tubuh kita. Ada tujuh fakta yang berkaitan dengan pengobatan modern

1. Sebagian besar penyakit dapat dihindari dengan pola makan yang benar, nutrisi, matahari dan olahraga

2. Hampir semua obat farmasi merupakan hasil pemasaran dan penyuapan yang dilakukan sembunyi-sembunyi terhadap dokter

3. Obat farmasi hanya mampu mengendalikan, tidak menyembuhkan

4. Laba sistem pengobatan dihasilakan dari keadaan sakit

5. Segala treatment yang mahal hanya memperkaya perusahaan obat

6. Sebagian besar dokter buta akan nutrisi

7. Tidak ada yang tertarik pada kesehatan kita selain kita sendiri.

Secara materi, buku ini bagus bahkan sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Dengan contoh-contoh yang konkrit, penulis memaparkan tentang berbagai macam teknik pengobatan alami juga tentang bahaya obat farmasi.

Namun jika saya bisa jujur, saya tidak begitu menikmati membaca buku ini. Menurut saya, buku ini bukan untuk dibaca sekali dan selesai, tetapi untuk dibaca dan dibuka pada halaman yang perlu saja sesekali jika kita butuh. Buku ini seperti sebuah kumpulan artikel dari google. Gaya bahasanya agak aneh, mungkin karena terjemahan. Selain itu karena ini banyak berkisah tentang pengalaman penulis sendiri, membuat tulisan-tulisan dalam buku ini banyak tambahan yang tidak perlu yang makin membuat buku ini membosankan.

Meskipun terdapat banyak kekurangan, tetapi saya pikir ini adalah salah satu buku yang wajib ada di rumah keluarga Muslim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *