Community Gathering Wardah dan Blogger Makassar

[Review] Community Gathering Wardah with MAM (Makkunrai Anging Mammiri) Blogger Makassar

Minggu lalu, kami dari komunitas Blogger Makassar dapat undangan dari Wardah menghadiri Community Gathering sekaligus dibekali ilmu tentang skin care dan make up.

community-gathering-mam

Saya tau, dengan hadirnya saya pada acara ini, saya harus meninggalkan Eci di rumah bersama Ibu. Saya tau, kalau saya datang ke kegiatan ini, waktunya akan mepet untuk mempersiapkan jualan buat berbuka. Dan saya tau kehadiran saya sepertinya akan telat dan mungkin ketinggalan materi. Tetapi saya tetap berangkat siang itu, setelah menidurkan Eci, saya meninggalkan rumah diiringi rintik hujan. Meski tiba di venue yang terletak di Jalan Pengayoman itu pukul 13.25, rupanya saya termasuk yang datang lebih awal, beberapa member MAM belum juga tiba.

Saya mengusahakan hadir pada Acara Wardah Community Gathering yang diselenggarakan hari Jumat tanggal 24 Juni 2016 ini, meskipun berbagai alasan yang saya utarakan di atas. Sejak hadir di grand opening Wardah Beauty House hari itu, kegiatan ini sangat saya nantikan. Wardah Beauty Class adalah salah satu program di WBH ini. Saya ingin belajar mengenai perawatan kulit dan teknik make up. Selama ini saya memang jarang perawatan, tetapi melihat wajah saya yang akhir-akhir ini makin tampak kusam, akhirnya saya berpikir untuk memulai perawatan lagi serta belajar merias yang natural, tidak berlebihan tetapi juga tidak apa adanya. Dan kelas ini memberikan kami kesempatan untuk hands on, belajar langsung dan mengaplikasikan make up sendiri ke wajah kita. Normalnya, beauty class ini seharga 150.000,- sudah termasuk produk Wardah senilai  tersebut serta sertifikat. Jadi jika komunitas kalian ingin juga hadir di kelas ini, bisa langsung menghubungi pihak WBH Makassar. Waktu, tempat dan isi paket sesuai kesepakatan.

Acara hari itu dibuka oleh Aida, branch Manager WBH Makassar, lalu dilanjutkan sambutan dari mbak Kikit selaku Business Development WBH Makassar serta sepata kata dari Qiah perwakilan dari MAM. Acara inti pun di mulai setelah itu, kak Vita cukup lincah menjadi volunter untuk di make up langsung oleh MUA.

sambutan-wardah-community-gathering

hasil-make-up-mua-wardah-kepada-kak-vita

Review ini khusus saya bahas tentang perawatan wajah dan cara make up yang saya tangkap dari sesion make up hari itu. Berhubung saya bukan fashion blogger dan tidak biasa make up, jadi tulisan ini hanya berupa catatan pribadi sebagai pengingat kalau kelak lupa lagi. Sebagai newbie di dunia rias merias wajah, jadi harap maklum kalau yang saya tuliskan sangat mendasar. Bagi yang newbie seperti saya, teknik yang akan saya tuliskan disini sangat berguna untuk digunakan make up sendiri di hari raya nanti.

Tahap Natural Make Up

#1 Clean your Face

1-clean-your-face

Sebelum ikut ini, saya mencuci muka memakai facial wash kadang kalau rajin setelah itu pakai cleanser tapi ternyata tahapan saya salah. Hahaha. Ayo, ngacung yang melakukan kesalahan yang sama selama ini? Eh atau cuma saya saja ya?

Cara mencuci muka yang baik di mulai dengan cleanser. Beri susu pembersih ke lima titik di wajah yakni dahi, pipi kiri, pipi kanan, hidung dan dagu. Oleskan secara merata dengan rotasi berjalan tiga jari (jari manis, tengah dan telunjuk) sebanyak 3 rotasi. Putarannya bisa dilihat digambar di atas. Setelah itu bersihkan dengan tissu. Tissu? Iya, mbak MUA nya menyarankan menggunakan tissu daripada kapas karena kapas daya serapnya tinggi jadi kandungan pelembab pada susu pembersih tidak tersisa di wajah.

Setelah itu baru kita bilas wajah dengan facial wash. Pilihan dari Wardah banyak, tinggal kita sesuaikan dengan kondisi kulit kita. Keringkan wajah dan berikan toner dengan menepuk-nepukkan kapas berisi toner ke wajah. Toner ini berfungsi untuk menyegarkan sekaligus mengecilkan pori agar make up kita melekat lebih sempurna.

#2 Basic Make Up

2-basic-make-up

Wajah yang telah bersih selanjutnya dioles menggunakan moisturizer. Totolkan moisturizer ke 5 titik wajah lalu dioleskan perlahan ke arah atas dan luar sambil dipijat lembut. Moisturizer berguna untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan agar kulit tetap sehat. Selain itu, pelembab juga berguna untuk membuat make up kita menempel sempurna dan halus.

Tahap selanjutnya adalah menggunakan alas bedak atau foundation. Pilih warna foundation yang satu level lebih gelap dari warna kulit wajah. Berbeda dengan pelembab, cara mengoleskan foundation sebaiknya tidak dengan menotolkan ke wajah karena cara itu malah membuat foundation kadang tidak merata. Tuangkan foundation di punggung ibu jari, lalu oleskan sedikit demi sedikit ke wajah dengan mengikuti arah bulu halus di wajah atau ke arah bawah. Ratakan dengan satu arah gerakan sapuan, jangan bolak balik karena hal itu malah akan membuatnya tidak merata.

Foundation juga bisa digunakan di alis, kelopak mata dan bibir untuk mengoreksi bagian wajah pada tahap make up selanjutnya sekaligus membuat make up lebih melekat.

Foundation Wardah ada beberapa jenis, seperti yang terlihat dari gambar di atas. Jenis-jenis tersebut dibagi lagi dalam beberapa warna. Jenis foundation yang akan kita pakai sebaiknya disesuiakan dengan warna dan kondisi kulit wajah kita.

Menyapukan bedak dengan tone yang sama dengan warna kulit adalah tahap selanjutnya. Bisa dengan spons ataupun kuas ke seluruh wajah hingga tertutup sempurna. Setelah tahap dasar ini selesai, kita siap untuk memasuki tahap selanjutnya.

#3 Charming Eyes

3-charming-eyes

Bingkai alis dan mata adalah salah satu penentu keberhasilan make up seseorang. Alis yang dibingkai dengan benar serta mata yang dilukis dengan pas dan tidak berlebihan, akan membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik. Tetapi bermain make up di mata tidak bisa instan. Butuh kebiasaan dan keinginan untuk terus belajar hingga hasilnya menjadi sempurna.

Alis salah satu yang sulit untuk dibingkai. Bagi pemula dan alisnya sudah cukup lebat, cukup mengikuti bentuk alis yang sudah ada sambil merapikannya. Tetapi bagi yang alisnya tipis, butuh sedikit keahlian khusus untuk menggambarnya. Sebagai acuan bisa melihat sketsa di atas.

Membentuk alis tidak harus dengan pensil alis. Eye shadow coklat dari Wardah yang warnanya sangat pigmented bisa dijadikan pengganti pensil alis. Cukup oleskan dengan kuas mengikuti arah rambut alis. Dengan menggunakan eye shadow coklat, alis tampak lebih natural dan tidak membuat kita terlihat seperti Sinchan. Hehehe.

Aplikasi eye shadow bisa menggunakan satu warna atau dua warna. Gunakan warna yang netral seperti coklat, hitam atau abu-abu. Warna netral ini cocok dikombinasikan dengan semua warna baju serta masuk dalam berbagai kondisi acara.

Untuk eye shadow satu warna, gunakan jari atau kuas lalu sapukan ke kelopak mata secara perlahan dan rata. Setelah itu baurkan ke bagian atas sampai batas kulit kelopak mata.

Untuk merias wajah dengan dua warna eye shadow, kita bisa mengkombinasikan warna tua dan muda. Eye shadow yang berwarna muda diaplikasikan pada bagian kelopak mata, kemudian tambahkan warna gelap ke bagian sudut luar mata lalu dibaurkan hingga 3/4 bagian kelopak mata. Terakhir tambahkan eye shadow warna terang di bawah alis. Tambahkan juga sedikit eye shadow terang di sudut dalam mata untuk membuat mata kita lebih berbinar.

Setelah eye shadow sudah set, selanjutnya kita membingkai mata dengan eye liner. Bagi yang sudah expert bisa menggunakan eye shadow cair. Tapi bagi pemula seperti saya, eye liner berbentuk spidol dari Wardah sangat membantu.

Terakhir di bagian mata adalah aplikasi mascara. Cara pengaplikasian yang dianjurkan MUA Wardah hari itu dengan cara zigzag ke arah bawah dulu lalu dinaikkan ke atas. Dengan cara seperti itu selain bisa menghemat maskara, hasilnya pun membuat bulu mata lebih lentik.

#4 Countur your face

4-countur-face

Ingin hidung tampak lebih mancung? Atau ingin wajah terlihat lebih tirus? Ini bisa dilakukan dengan meng-countur wajah. Berhubung di Wardah tidak ada produk concealer, jadi untuk membentuk wajah bisa menggunakan foundation dengan warna lebih gelap/terang dari dasar atau menggunakan eye shadow berwarna coklat dan krem.

Eye Shadow coklat bisa digunakan untuk membentuk tulang hidung. Ambil sedikit dengan jari, lalu gosokkan dengan jari tangan sebelah lalu oleskan dari ujung alis  turun hingga cuping hidung. Jika terlalu berlebihan, bisa ditimpa dengan bedak. Lalu oleskan eye shadow yang agak terang di tengah tulang hidung.

Sedangkan untuk membentuk pipi, bisa dengan mengaplikasikan eye shadow coklat dari tulang rahang hingga kesudut bibir. Lalu baurkan dengan kuas. Meskipun tipis, cukup terlihat perbedaannya di kamera.

Terakhir agar wajah tampak lebih segar, oleskan blush on. Saat kita tersenyum ada bagian pipi yang mengembang, disanalah letak blush on akan diaplikasikan. Karena ingin hasilnya natural, gunakan warna yang tidak terlalu berlebihan di wajah kita.

#5 Finishing Lips

5-finishing-lips

Setelah mata, hidung dan pipi jangan lupa mewarnai bibir kita dengan lipstik. Meskipun tata rias matanya sama, tapi menggunakan warna lipstik yang berbeda bisa menghasilkan kesan yang berbeda pula. Di Wardah pilihan lipstiknya buanyaaak. Mau yang disertai pelembab, ada. Mau yang matte pilihannya juga banyak. Mau yang bertahan lama? Ada. Atau mau tampak lebih glossy? Bisa pilih lipstik wondershine. Agar terlihat natural biasanya dipilih warna yang nude, tapi jika ingin lebih berani bisa pilih warna yang gonjreng.

Bagaimana? Bisa merias sendirikan untuk hari raya nanti?

Bagaimanapun hasil riasannya, kecantikan sesungguhnya itu harus dimulai dari dalam seperti slogan Wardah #CantikdariHati. Menjaga hati agar mengeluarkan inner beauty akan memancarkan kecantikan yang tidak ter-cover make up termahal sekalipun. Jauh-jauh dari penyakit hati, selalu belajar ikhlas dan saling memaafkan. Tidak lupa berbagi dan saling mengasihi sesama maka tampilan kita akan jauh terlihat menarik. Dan hari Raya adalah momen yang paling pas menyebar kebaikan.

Terima kasih Wardah untuk beauty class-nya. I’m lucky one…

hasil-beauty-class-wardah-community-gathering-makassar

0 thoughts on “Community Gathering Wardah dan Blogger Makassar

  1. nanie

    Waw reviewnya lengkap sekaliii, saya yg berhalangan hadir jadi bisa ikutan belajar juga. Terima kasih inar 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *