Bermain dengan Stereogram

Apa itu stereogram? Mungkin ada yang belum tau dengan istilah ini, yang pastinya stereogram bukanlah sebuah ukuran massa, bukan temannya kilogram atau miligram apalagi temannya ton apalagi ons. Stereogram adalah suatu ilusi optik kedalaman yang terlihat dari sebuah gambar datar, sebuah gambar 3 dimensi yang terlihat dari gambar 2 dimensi.

Streogram ditemukan oleh Charler Wheatstone pada tahun 1838 (sudah lama ternyata). Dia menemukan penjelasan tentang teropong yang akhirnya membawanya membuat streoskop sehingga memungkinkan seseorang untuk melihar gambar 3 dimensi dari dua foto 2 dimensi.

Setelah perjalanan beberapa dekade, streogram kembali dipopulerkan dengan penciptaan autostrogram pada komputer, dimana gambar 3 dimensi yang tersembunyi dalam gambar 2 dimensi dapat terlihat hingga kita menfokuskan mata dengan benar.

Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengajak saya melihat gambar streogram dan menebak gambar 3 dimensi apa yang terlihat pada gambar itu. Berulang kali saya mencoba untuk melihatnya, tapi selalu gagal, saya hanya melihat gambar-gambar abstrak 2 dimensi pada gambar tersebut. Akhirnya saya menyerah dan tidak pernah mencoba melihat gambar streogram lagi.

Semalam, karena tak bisa tidur, saya melihat satu persatu folder foto yang ada di komputer dan menemukan folder streogram. Pada folder tersebut terdapat beberapa gambar abstrak. Saya pun mencoba melihat gambar itu satu persatu dan ajaib, saya berhasil melihat gambar 3 dimensi dibalik gambar itu.

Coba tebak, gambar apa yang ada dibalik gambar di atas.

Caranya tidak sulit. Pertama kaburkan penglihatan kemudian biarkan pikiran melayang maka akan terbentuk sebuah gambar tiga dimensi pada gambar tersebut. Fokuskan penghlihatan dan lihat seluruh gambar, maka kita akan menemukan detail gambar 3 dimensi itu secara keseluruhan.

Bagaimana, sudah berhasil melihat gambar apa di atas?

0 thoughts on “Bermain dengan Stereogram

  1. iLLa

    gambar tengkorak keknya 😛
    pertama kali dikenalkan sm stereogram juga sama kakakku, dy beli bukunya. kalo nda salah waktu itu sampe 8 seri. nda tau skarang berapa. awalnya memang susakh, sy sendiri sempat menyerah, nda bisa liat apa2. tapi setelah diperhatikan baek2, wow!!! keren…
    di pesbuk juga pernah ada sa posting kek gitu, ndada yg bisa jawab, kakakku ji saja, hehe…

    Reply
  2. yani

    kasih tau jawabannya doong….:)
    plzzz….
    klo aku salah liat kan aku jadi tau……
    jadi g cuman berandai-andai ajaa…
    supaya aku belajar dan benar……tq. Gbu

    hai yani…
    Yg di atas sudah ada yg menjawab benar. Yup jawabannya tengkorak. Bgmn dengan hasil kamu? Berhasil liat tengkoraknya?

    Reply
  3. WILDAN (@Iam_United14)

    pertama kali gue liat ini waktu SMP tahun 2003, waktu itu temen gue punya buku nya, tapi di buku bisa lebih mudah karna ada titik fokus nya, kalo yang ini agak susah memang , tapi udah tau dong apa yang adaa didalam nya, tengkorak kan, hehe 🙂 liat di PC jauh lebih keren dari pada di buku 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *