Nge-Blog

Winarni KS   October 27, 2009   No Comments on Nge-Blog

Hari ini hari blogger?

Entahlah, sepertinya saya kurang Ngeh dengan perayaan hari ini. Sebagai seorang blogger, tak ada hal yang membuat hari ini begitu spesial. Yah… mungkin hanya saya yang merasakannya, dan mungkin blogger yang lain punya pendapat berbeda dengan hari perayaan ini.

Saya mulai membuat blog sejak akhir tahun 2004, tetapi karena belum terlalu paham hingga saya membiarkan blog itu mengendap saja bahkan account dan passwordnya pun terlupakan. Pertengahan 2005, saya kembali mendaftarkan diri untuk membuat blog dengan fasilitas yang disediakan friendster kala itu. Mulai saat itu, aktivitas nge-blog pun terus berlanjut.
Saya pun membuka account di hampir semua penyedia blog. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya, setiap account punya fungsi postingan yang berbeda. Hingga akhirnya saya memantapkan diri dengan memilih wordpress karena disinilah yang membuat saya lebih nyaman.

Blog memang mampu memfasilitasi banyak keinginanku. Di blog saya bebas menuliskan apa yang ingin saya tulis, di blog pula saya bisa mempublikasi hasil design yang saya buat, memperlihatkan hasil fotograsi yang masih pas-pas-an hingga menjalin koneksi dengan beberapa blogger lainnya.

Komunitas Blogger
Blogfam atau Blogger Family adalah satu-satunya komunitas blogger yang ada kala itu. Disanalah semua blogger dari seluruh Indonesia berkumpul dan mengobrol pada forum yang disediakan. Sebagai pendatang baru kala itu, saya aktif bertanya dan berkomentar di forum. Saya pun menemukan banyak teman blog disana.

Rupanya blogger yang berdomisili di Makassar tidaklah sedikit. Rara yang juga moderator blogfam, bersama beberapa rekan blogger Makassar lain pun mengadakan kopdar. Obrolan dan blogwalking di dunia maya, kami bawa ke dunia nyata. Kopdar demi kopdar terus diadakan bahkan Blogger Makassar ditetapkan sebagai Kopdar terseru versi Blogfam. Saya bahkan masih mengingat perayaan ulang tahun blogfam kala itu, kami saling tukar kado dan meniup lilin bersama di biblioholic. Pertemuan-pertemuan kecil itu akhirnya membuat rekan2 blogger Makassar serius untuk membentuk komunitas bloggernya sendiri. Komunitas tersebut di beri nama Angingmammiri dan 25 November 2006 ditetapkan sebagai hari kelahirannya.

Untuk menfasilitasi komunitas, web Anggingmmamiri yang berkonsep forum dibuat. Saya pun mengiyakan untuk menjadi salah satu moderator disana. Meskipun anggotanya masih sedikit, tetapi komunitas itu sangat ramai. Selalu ada cerita-cerita baru. Seiring waktu forum itu menjadi sepi, para penghuninya lebih sering saling bertegur sapa via milis. Hingga hari ini, anggota yang terdaftar sudah 1343 blogger, tetapi web itu masih saja terasa sepi dan makin sepi. Bahkan saya sebagai moderator pun jarang mengunjunginya lagi.

Untuk apa Nge-Blog?

Seiring bertambahnya umur blog ku, saya mencoba mengevaluasi diri. Untuk apa saya nge-blog? Bagaimana seharusnya seorang blogger? Hingga tulisan Blog: Mengisi Ruang Kosong saya publiskan. Setelah itu, saya bukannya makin semangat nge-blog. Saya bahkan hiatus untuk jangka waktu beberapa bulan.

Setelah terbangun dari hiatus, orientasi nge-blog saya pun berubah. Tidak seperti dulu yang menjadikan blog sebagai pembentuk komunitas. Saya hanya blogwalking seadanya, memilih menjadi pembaca saja dan tidak berkomentar jika merasa tak perlu. Saya juga tak lagi rajin menghadiri kopdar bersama teman-teman blogger. Bukannya sombong malah sebaliknya saya sangat rendah diri dengan postingan2 saya di blog. Saya juga tak ingin aktivitas nge-blog saya dipengaruhi karena ingin orang berkomentar, atau meningkatkan blog stat atau hal lainnya. Jika memang tulisan atau grafis itu berkualitas tetap saja akan dicari. Apalagi sejak beredarnya issu penipuan dan perselingkuhan yang santer pada tahun lalu membuat saya semakin berhati-hati.

Saya ingin berkarya, entah dalam bentuk tulisan atau grafis, itu saja. Entah orang melihat atau tidak. Jika mereka terinspirasi yah syukur, tapi kalau tidak yah tidak apa-apa. Menuangkan cipta, rasa dan karsa dan mempromosikannya gratis melalui blog. Sekali lagi dengan nge-blog saya hanya ingin berkarya dan bangga dengan hasil karyaku sendiri, bukan hasil plagiat karya orang lain.

Hari ini, seluruh blogger menikmati hari perayaan untuk mereka. Yah… selamat hari blogger teman-teman. Apakah Anda merasa memiliki hari ini?

0 thoughts on “Nge-Blog

  1. iLLa

    saya juga tidak ngeh kalo hari itu hari blogger Nasional. Siapa ygh tetapkan? Yang sy tau, 27 oktober itu hari Listrik Nasional, hwehehey… numpang promosi kantor sndiri, hihihi…
    selamat hari blogger saja lah… untuk sapa pun yg ‘merayakannya’

    new blogger :malu:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *