Lambat Berterus Terang

Andai saja ia telah lama mengungkapkan maksudnya, mungkin kenyataan bahwa wanita itu menikah dengan orang lain tidak pernah ia lihat. Apa boleh buat, semuanya telah terjadi. Tidak adanya antisipasi dari awal hanya menyisakan penyesalan di akhir kisah. Kini, ia harus memilih untuk menunggu jandanya ataukah memilih perempuan lain untuk mendampingi hidupnya.

Banyak orang yang mengalami hal diatas hanya karena terkena penyakit “Lambertus” atau “Lambat berterus terang”. Dia mempunyai keinginan untuk mencintai, menyayangi atau bahkan memiliki tapi tak memiliki kemampuan untuk mengungkapkannya. Lidahnya kelu, bibirnya beku, badannya kaku, ketika rasa itu ingin disampaikan. Keberaniannya seakan sirna disebabkan paranoid yang berlebihan. Dan semua pun berakhir tanpa hasil.

Kebanyakan perempuan lebih senang dicintai daripada mencintai, mereka memilih untuk bermain di arena yang aman daripada harus mengambil resiko. Pada umumnya mereka tidak ingin menunggu lama, dan hanyut dalam ketidakpastian. Banyak kasus yang terjadi sang perempuan menerima pinangan seorang lelaki hanya karena lelaki tersebut yang datang lebih dulu. Meski perempuan tersebut mencintai orang lain, tetapi ia memilih pria yang mencintainya itu hanya karena orang yang ia cintai tidak memberinya kejelasan dan ketegasan.

Orang bijak berkata, “Bagaimana kita tahu bahwa kita kalah atau menang jika kita tidak pernah ikut bertanding?”

Bagi saya, lelaki yang tidak berani mengungkapkan perasaannya adalah lelaki yang tidak berani untuk bertanding. Mereka tidak siap kalah dan juga tidak siap untuk menang. Mereka ingin mendapatkan suatu hasil tanpa proses perjuangan. Konsepsi mengenai “Jodoh tak lari kemana” tidak dapat diterima datar seperti itu saja. Usaha dengan berjuang atau tak jarang berkorban adalah jalan untuk mencapai takdir itu. Jika pada akhirnya dia tidak menjadi milik kita, setidaknya kita pernah berjuang dan tidak kalah sebelum bertanding.

0 thoughts on “Lambat Berterus Terang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *