DIY Sarung Bantal dari Kemeja Bekas

Weekend kali ini punya rencana apa? Lagi bersih-bersih rumah lalu menemukan baju yang sudah lama tidak terpakai? Weekend produktif bisa kita buat dari mengolah baju lama menjadi sebuah benda yang lebih berguna. Salah satunya yang saya buat hari ini. DIY sarung bantal dari kemeja bekas.

Kemeja Bekas

Punya kemeja yang sudah tidak cocok lagi? Mungkin sudah kekecilan. Atau malah sudah kebesaran? (ciee… yang dietnya berhasil). Herannya meski sudah lama tidak dipakai, kemejanya masih saja nongkrong cantik di lemari.

Kemarin, saat bersih-bersih lemari menemukan satu kemeja yang tidak pernah dipakai lagi. Setelah membaca tulisan Weekend Produktif dengan Kreasi Baju Bekas karya mbak Merida Merry. Saya jadi terinspirasi untuk me-remake kemeja yang sudah lama tidak terpakai tersebut. Sekalian mengisi weekend agar lebih produktif. Sambil melihat seluruh bagian rumah, entah kenapa mata malah tertuju ke cushion atau bantal kursi. Kemeja ini dijadikan cover cushion kayaknya lucu juga ya. Lansung deh ambil pentul, jarum, benang dan gunting untuk eksekusi.

kemeja yang sudah lama tidak terpakai

Baca Juga : DIY Lampur Dapur dari Loyang Kue

DIY Sarung Bantal

Sarung bantal merupakan salah satu  produk interior yang punya banyak pilihan. Mau bermain dengan warna, bisa. Memadu padankan motif juga akan terlihat menarik. Pastinya, padu padan sarung bantal ini bisa memberikan kesan tersendiri di ruang tamu kita. Lalu bagaimana jika sarung bantalnya dibuat dari kemeja yang sudah lama tak terpakai? Ternyata hasilnya lucu dan sangat menarik. Kancing dan kantong di depan bantal memberikan aksen tersendiri.

Selain itu, diy sarung bantal dari kemeja bekas ini bisa jadi pilihan dari segi motif. Mau motif garis-garis. Atau motif bunga-bunga. Atau malah motif pantai. Daripada kemejanya tinggal memenuhi lemari, mending dimanfaatkan menjadi hal yang lebih menarik dan berguna.

Baca Juga : DIY Homedecor menggunakan Bosowa Semen

Cara membuat sarung bantal dari kemeja bekas ini sangat mudah. Bahan dan alatnya biasanya selalu ada di rumah. Kalau punya mesin jahit lebih bagus lagi. Tapi kalau belum punya, jahit tangan seperti yang saya lakukan ini bisa juga. Berikut cara pembuatannya

Alat dan Bahan

  • Kemeja Bekas
  • Jarum
  • Benang
  • Pentul
  • Gunting

Cara Membuat:

  1. Balik kemeja. Bagian dalam jadi diluar. Lalu kancing.
  2. Ambil sarung bantal sebagai patokan. Beri garis pinggir berdasarkan ukuran sarung bantal. Bisa juga mengukur menggunakan penggaris atau meteran gulung. Sesuaikan dengan ukuran bantal kursinya.
  3. Gunting dengan melebihkan 1,5 cm dari ujung garis yang telah dibuat
  4. Pasangi pentul di semua bagian sisi yang akan dijahit
  5. Jahit mengikuti garis yang telah dibuat. Kebetulan ukuran kemeja saya ini lebarnya sama dengan ukuran bantal jadi saya hanya menjahit bagi atas dan bawahnya saja.
  6. Balik kemeja dengan membuka kancingnya.
  7. Masukkan bantal kursi melalui bagian depan, tempat kancing terbuka. Lalu kancing lagi.
DIY Sarung Bantal

Ternyata kemeja lama bagus juga jadi sarung bantal

Yeah.. sarung bantalnya sudah jadi. Hasilnya lucu kan? Semoga menginspirasi. Video tutorialnya bisa dilihat di channel youtube saya. Happy Weekend.

8 thoughts on “DIY Sarung Bantal dari Kemeja Bekas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *