Ta’jil Khas Makassar

Bulan ramadhan erat kaitaannya dengan menu berbuka puasa. Yah… setelah berpuasa seharian penuh, biasanya kita menginginkan menu berbuka yang istimewa. Hidangan berbuka puasa atau ta’jil bisa beraneka ragam tergantung selera masing-masing. Hampir setiap daerah memiliki menu berbuka puasa masing-masing, begitu pula di kota saya tercinta ini, Makassar. Menu buka puasa disini lebih akrab disebut pa`buka, mau tau apa saja hidangan khas itu?

Berikut saya akan paparkan beberapa menu berbuka puasa khas Makassar.

Pisang Ijo dengan Sirup DHT

Es Pisang Ijo

Bagi kebanyakan warga Makassar, es pisang ijo merupakan pa’buka favorit di bulan Ramadhan. Di bulan puasa, ta’jil yang satu ini bisa kita temukan mulai dari pasar hingga mall berkelas, mulai di pinggir jalan hingga di cafe. Banyak pula diantara warga yang membuat sendiri dirumahnya untuk konsumsi pribadi. Bahkan, bagi warga Makassar yang berada di daerah lain, es pisang ijo menjadi ta’jil yang selalu dirindukan.

Es pisang ijo terbuat dari pisang raja yang dikukus, dibungkus “kulit” berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras yang diberi pandan agar lebih wangi. Sausnya terbuat dari terigu, santan dan gula dan. Cita rasa es pisang ijo akan semakin nikmat jika sausnya diberi sirup DHT, sirup khas Makassar yang sangat manis yang terbuat dari sari Pisang Ambon.

Harga Es pisang ijo yang ditawarkan bervariasi tergantung dari tempat jualannya. Untuk pisang ijo yang di jual di pasar ramadhan atau dipinggir jalan harga berkisar antara Rp. 3.000 – 5.000. Tetapi untuk Es pisang ijo yang di jual di cafe maupun mall harganya bisa mencapai Rp. 5.000 – 10.000.

Es Pallu Butung

Es Pallu Butung

Pada dasarnya Es Pallu Butung dan Es Pisang Ijo mempunyai resep yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada “kulit” pisang ijo. Seperti halnya Es Pisang Ijo, Es Pallu Butung juga menjadi hidangan incaran menjelang berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar menjadi Es Pallu Butung menjadi pilihan hidangan berbuka bagi warga Makassar.

Jalangkote

Jalangkote

Salah satu menu spesial buka puasa khas Makassar yakni Jalangkote. Kalau dilihat dari bentuknya, orang Jawa menyebutnya pastel tetapi pada dasarnya pastel dan jalangkote itu berbeda. Kulit jalangkote lebih tipis daripada kulit pastel, sehingga jalangkote lebih garing.

Di Makassar Jalangkote banyak di jual, mulai dari harga 500 hingga 3000 rupiah.

Pisang Epe

Makanan khas Makassar yang berbahan dasar pisang memang banyak, setelah es pisang ijo dan es pallu butung ada lagi ta’jil khas Makassar yang terbuat dari pisang. Namanya Pisang Epe. Pisang Epe terbuat dari pisang raja yang dibakar lalu dipipihkan kemudian diberikan saos gula merah dan durian. Rasanya sangat manis sehingga sangat cocok dijadikan menu saat berbuka.

Sebenarnya ta’jil khas Makassar masih banyak, tapi nantilah saya tuliskan lagi 😀

0 thoughts on “Ta’jil Khas Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *