Raisins Crunch

Winarni KS   September 9, 2010   No Comments on Raisins Crunch

Hmm.. Kismis… Ini adalah salah satu bahan andalan jika ibu membuat kue kering untuk lebaran. Diantara buah-buahan kering lainnya, kismis memang yang paling terkenal dan disukai oleh hampir semua orang. Yah… kismis memang punya rasa yang begitu khas dan sangat enak untuk dijadikan bahan camilan.

Raisins Crunch

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Pada abad 11 masehi tentara salib memperkenalkan kismis

di eropa setelah kembali dari mediterania. Kismis sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya. Proses ini dapat menyebabkan kismis menjadi kasar, walaupun tidak berpengaruh bagi penggunaannya. Dekristalisasi kismis dapat dilakukan dengan merendam dalam cairan (alkohol, sari buah, atau air mendidih) sebentar untuk melarutkan gula. (sumber : Wilkipedia)

Tetapi dari tahun ke tahun, kue kering berbahan kismis rasanya begitu2 saja. Ingin membuat kue kering berbahan kismis yang lebih garing?

Coba deh resep saya ini.

Bahan

–  Mentega 2 cup
–  Gula halus 2 cup
–  Telur 2 butir
–  Tepung terigu 150 gram
– Tepung maizena 3 sdm
– Susu bubuk 5 sdm
– Vanili 1/2 sdt
–  Kismis 100 gram, dipotong-potong kecil
–  Bihun 200 gram, digoreng sampai mekar kemudian dihancurkan.

Cara Membuat

1.  Kocok mentega dan gula sampai lembut agar adonan mengembang saat dibakar. Tambahkan telur kemudian aduk hingga rata.

2.  Masukkan bihun yang telah dihancurkan, kismis, susu bubuk, vanili, tepung maizena dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.

3.  Siapkan loyang bersemir margarin. Cetak adonan dengan dua sendok teh.

4.  Bakar dalam oven dengan suhu 150 derajat selama 15 menit.

Tips

* cuci kismis sebelum dipotong agar kismis tidak mudah gosong

* goreng bihun hingga mekar agar mudah dihancurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *