Jatuh Bangun PKL Losari

pantai_losari_makassar

Anjungan Pantai Losari (foto: Istimewa)

Setiap akhir pekan, anjungan pantai losari selalu ramai, meski tak ada kegiatan khusus. Ruang terbuka ini menjadi tempat rekreasi favorit bagi warga. Akhir pekan lalu saya berada di antara orang-orang yang melepas penat di sana. Ke Losari, keluar sejenak dari rutinitas kerja dan tugas kuliah.

Di kaki langit tampak mentari yang akan mencair membiaskan semburat jingganya, pemandangan khas yang memesona. Tampak beberapa fotografer mencoba melukis cahaya indah itu di kamera mereka, sedangkan pengunjung lain hanya terpaku sekaligus terpukau memandangi dan menikmati lukisanTuhan itu.

Tak jauh dari anjungan, tampak alat berat dan para pekerja berhelem proyek menanamkan tiang pancang ke dalam laut. Sebentar lagi anjungan yang baru akan segera hadir memberi warna berbeda di pantai kebanggaan warga Makassar ini.

Entah mengapa, setiap saya bercerita tentang pantai Losari, yang terlintas di benak adalah nostalgia pedagang kaki lima yang dulu berjejer sepanjang bibir pantai. Apakah hanya saya yang merasakannya? Saya pun tidak yakin. Malah sebaliknya, saya meyakini, siapapun yang pernah merasakan kisah “restoran terpanjang” itu, pasti akan merindukannya. Merindukan sebuah wisata kuliner yang sangat unik. Kala itu, mal yang kini tumbuh sporadis, belum semarak. Tempat itu seakan-akan menjadi pilihan utama di malam hari khususnya di akhir pekan untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat.

Tetapi kini, semua tinggal masa lalu, menjadi sejarah, menjadi dongeng yang akan diceritakan kepada anak-anak yang tak pernah merasakan masa itu.

PKL Losari dari Masa ke Masa
Istilah pedagang kaki lima merupakan peninggalan zaman penjajahan Inggris. Istilah tersebut diambil dari ukuran lebar trotoar yang waktu itu dihitung dalam feet atau kaki. Lebar trotoar kala itu adalah 5 kaki atau 1,5 meter. Dari ukuran tersebut, pedagang yang berjualan di trotoar akhirnya disebut pedagang kaki lima.

Keberadaan PKL di Pantai Losari merupakan sebuah kebijakan pemerintah di penghujung tahun 80-an. Sekitar 254 penjual yang kerap menawarkan berbagai jenis makanan mendapat izin resmi dari pemerintah untuk mengelola jualannya dengan tempat yang permanen di atas trotoar di bibir Pantai Losari. Adanya konsentrasi sentra ekonomi karena posisinya yang cukup strategis, mengundang pedagang lain untuk turut menjajakan usaha kulinernya. Pergerakan ekonomi di wilayah tersebut pun merajalela. Maka lahirlah sebuah restoran yang memanjang dari utara ke selatan atau sebaliknya, menyebarkan aroma makanan hingga menjadi penarik tersendiri bagi warga kota ini.

Bahkan ‘restoran’ sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer itu didaulat sebagai ‘restoran terpanjang’ di dunia.

Seiring waktu, di awal tahun 2000, ide untuk memperbaiki citra sekaligus peningkatan mutu Pantai Losari pun menguak. Tembok yang keropos di tambah beban bangunan serta polusi air yang makin parah menjadi alasan. Di pertengahan tahun 2001 usaha revitalisasi atas nama penyelamatan pantai terus digulirkan. Meskipun menimbulkan kontroversi namun pemerintah kota yang dipimpin Amiruddin Maula ketika itu terus menampakkan keseriusannya. Pemkot mulai melakukan penataan bagi 300-an pedagang kaki lima. Dengan darah dan airmata mereka mempertahankan lapak-lapak mereka namun akhirnya harus rela di pindahkan di lokasi baru, Jalan Metro Tanjung Bunga, dengan janji tidak akan di pindahkan lagi.

Namun janji tinggallah janji. Stigma pemimpin baru melahirkan kebijakan baru pun tertoreh dalam sejarah penataan PKL Losari. Di awal tahun 2005, PKL kembali “digaruk” oleh pemerintah kota, saat Walikota Ilham Arief Sirajuddin telah menggantikan Bapak Amiruddin Maula. Terbukanya akses dari Kawasan Tanjung Bunga dan Takalar memberikan aliran pergerakan kendaraan semakin besar, begitu pula sebaliknya. Isu kemacetan sebagai akibat kehadiran PKL di lokasi itu menjadi alasan utama ‘penataan’.

Kebijakan pemindahan itu semakin kuat karena tempat yang digunakan PKL saat itu adalah gerbang utama permukiman elit di Makassar, Tanjung Bunga. Anggapan bahwa PKL menganggu kebersihan, keindahan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas pun harus ditelan mentah oleh para PKL. Dilihat dari segi estetika, jalan metro tanjung bunga, tempat berjualan para pedagang tersebut menghadirkan kesan kumuh dan semrawut. Kesemrawutan ini terjadi karena tenda dan sarana pendukung lainnya yang mereka gunakan untuk berjualan, biasanya ditinggal di tempat jualan. Kondisi ini, tentu saja menyebabkan para ‘kaum elit’ yang konon identik dengan kebersihan, ketertiban dan keindahan, merasa tidak nyaman.

Maka lahirlah sebuah produk hukum ‘penataan’ yang tentu saja bukan dibuat oleh para PKL. Lagi-lagi, isu pilih kasih antara pengusaha besar dan pengusaha kecil terjadi.

tbunga0804

Lapak-lapak PKL di Jalan Metro Tanjung Bunga (foto: Istimewa)

Hingga lahirlah sebuah lokasi baru yang disebut Pantai Laguna. Bagi yang pernah merasakan taman Safari di sekitar tahun 70-an hingga awal tahun 90-an pasti masih mengenal patung gajah yang berdiri di tempat yang kini telah menjadi Pantai Laguna tersebut. Dahulu, tempat itu adalah salah satu taman bermain anak sebelum hadirnya taman bermain yang marak di mal akhir-akhir ini.

Laguna berarti air asin yang terkumpul dan terpisah dari laut. Akibat jalan terusan Metro Tanjung Bunga, perairan bagian selatan jalan tersebut terus mengalami pendangkalan dan pembusukan organik laut akibat tidak optimalnya pertukaran air. Laguna tersebut pun ditimbun dan menjadi lokasi baru para PKL yang sudah bertahun-tahun menggantungkan hidupnya di bibir pantai losari. Dikelilingi tembok tinggi, membuat akses pemandangan laut di lokasi ini tertutup. Sebuah bentuk penataan dari hasil pengkajian oleh mereka yang katanya berpendidikan.

Pantai Laguna
Dari hasil studi mahasiswa PWK Fak. Teknik Unhas terungkap lebih dari 80 persen pedagang mengaku mengalami penurunan penghasilan dari masa ke masa.

Tahir Nompo, seorang pedagang pisang epe, yang memulai usahanya saat pemerintah kota memberikannya gerobak dagang, mengaku mengalami penurunan penghasilan sejak di pindahkan dari lokasi Jalan Penghibur.

Anto, pedagang sari laut, membenarkan. Pada saat berjualan di Jalan Penghibur, ia mampu meraup penghasilan hingga Rp300 ribu per malam. Dipindahkan ke Jalan Metro Tanjung Bunga penghasilannya mulai menurun dan di tempat baru itu, ia hanya mendapatkan sekitar Rp150 ribu per malam. “Di sini pembeli kurang. Di Jalan Penghibur pembeli bisa makan sambil melihat pemandangan sedangkan di sini tidak.”

Ical, pemilik café Laguna mengakui untuk pelayanan berupa air, listrik, sampah, perlindungan bangunan, dan keamanan, pantai Laguna memang unggul dibandingkan lokasi lainnya. Hanya saja, pembeli berkurang, mungkin akibat ongkos parkir yang dibebankan saat masuk ke lokasi ini serta tidak adanya magnet lain yang membuat lokasi ini menjadi menarik bagi pembeli.

Penurunan penghasilan ini juga dapat dilihat dengan banyaknya lapak-lapak pedagang yang harus gulung tikar. Beberapa lapak yang tidak terlalu strategis kosong tak berpenghuni. Lapak-lapak yang tersisa hanya kafe yang telah memiliki langganan atau pembeli tetap. Umumnya lapak-lapak ini tampak lebih menarik dengan aksesoris interior yang terkesan mewah dan alunan musik yang memberikan dentuman hiburan.

Dari pengelola Pantai Laguna diperoleh data pengunjung dilihat dari jumlah kendaraan sekitar 500 motor dan 50 mobil di hari biasa sedangkan para hari libur, Sabtu dan Minggu, bisa mencapai 2.500 motor dan 300 mobil. Jika para pedagang mengaku mengalami penurunan pembeli maka bisa dibayangkan jumlah pengunjung sebelumnya di kawasan Penghibur.

Keluar dari Pantai Laguna
Investasi ekonomi yang tidak menjanjikan lagi dari penggusuran yang kerap dihaluskan menjadi penataan dari Jalan Penghibur maupun Jalan Metro Tanjung Bunga ke Pantai Laguna, membuat beberapa pedagang berinisiatif untuk mendorong gerobaknya keluar dari lokasi tersebut.

Para pedagang sari laut mencoba mencari lokasi baru di beberapa titik-titik strategis di kota ini, sedangkan pedagang pisang epe dan aneka minuman, mencoba mencari peruntungan di beberapa titik disekitar jalan penghibur. Tujuannya tentu saja untuk menyambung kehidupan.

100_9223

Arsyad dan keluarga mendorong gerobaknya keluar dari Pantai Laguna (foto : Asrul)

Namun sekali lagi stereotipe tidak tertib kembali di tempelkan ke jidat mereka. Seperti inilah kondisi kota kita saat ini, stereotipe ‘tidak tertib’ ataupun ‘tidak taat aturan’ seolah hanya diarahkan kepada mereka yang kecil dan lemah. Tidak kepada mereka yang secara sosial kuat, pejabat ataupun para pengusaha. Padahal kalau kita mau memandang lebih jernih, bukankah budaya tidak tertib melanda semua pihak? Pertumbuhan mall di kota ini misalnya, yang hadir di tengah kawasan pendidikan, atau yang menggusur ruang publik dan cagar budaya, apakah dapat dikatakan sebagai sebuah ‘ketertiban’? Melarang mereka berjualan di suatu tempat namun tetap menagih retribusi, apakah dapat dikatakan sebuah ‘taat aturan’?

Bijakkah jika hanya menyalahkan mereka yang kecil?

Terlepas dari diskriminasi yang masih kental di kota ini, sesungguhnya banyak manfaat sosial yang dapat kita peroleh dari PKL. Disamping ketidaknyaman dan ketidakteraturan mereka, salah satu manfaat kehadiran PKL Losari yakni kemampuan mereka menjadi salah satu penyangga perekonomian rakyat, yang mandiri, kuat dan membuka lapangan kerja bagi banyak pihak di sekeliling mereka. Di kala lapangan kerja masih kurang, PKL hadir memberikan lapangan pekerjaan yang tidak terbatas jumlahnya, karena sektor ini relatif mudah dimasuki oleh mereka yang bermodal kecil dengan resiko kerugian yang tidak terlalu besar.

Arsyad dan keluarga adalah salah satu pedagang pisang epe yang mendorong gerobaknya keluar dari Pantai Laguna. Kini, setiap hari ia menempati sebuah tempat di depan sebuah ruko, di sudut perepatan antara jalan Ali Malaka dan jalan Penghibur, tak jauh dari mesjid. Seringkali Arsyad mengingat kenangannya saat menjajakan penganan khas Makassar itu di trotoar bibir pantai, tepat diseberang jalan dari tempatnya berjualan sekarang. Tapi semua tinggallah kenangan.

Kini, ia bersama keluarga tetap ingin menyambung hidup dengan mendorong gerobaknya keluar dari Laguna. Walaupun tiap hari usaha mereka wajib membayar retribusi tetap saja penggusuran menjadi momok yang perlu di khawatirkan. Selain kekhawatiran di gusur oleh pemerintah, Arsyad pun takut jika perusahaan yang menyewa ruko itu telah berganti.

“Kontrakannya masih diperpanjang?” Pertanyaan itulah yang kerap kali ia pertanyakan pada pegawai yang menempati ruko tersebut. Toleransi yang diberikan perusahaan tersebut untuk berbagi ruang dengan pedagang pisang epe, bisa saja berubah jika yang menempati ruko itu adalah orang yang berbeda.

Saya teringat akhir pekan beberapa minggu lalu, ketika saya menikmati pisang epe di sana. Seorang berjas turun dari mobilnya lalu bergegas menghampiri gerobak milik Arsyad.
“Tolong cepat dibuatkan pisang epe tiga porsi, ini untuk Pak SBY” ucap lelaki itu. Hari Minggu esoknya, memang giliran partai berwarna biru milik Pak Presiden itu yang akan berkampanye. Arsyad yang tadi duduk di depan saya, segera melaksanakan tugasnya. Meletakkan pisang di atas pembakaran dan mengipasnya.

“Pisang epe di sini enak, saya pernah mencobanya, makanya saya merekomendasikan pisang epe bapak untuk di coba Pak SBY. Bapak beruntung, pisang epenya bisa dicoba oleh bapak presiden,” tutur lelaki berjas itu.

Seketika itu juga saya tersenyum sendiri. Lalu kenapa jika Pak Presiden merasakan pisang epe milik Arsyad. Apakah SBY bisa menjamin, Arsyad akan tetap mendapatkan ruang di sini untuk berjualan? Apakah SBY bisa menjamin Arsyad tidak akan digusur lagi atas nama “penataan”? Apakah SBY bisa menjamin Arsyad tidak akan kesulitan mencari ruang baru kala pemilik kantor tersebut telah berganti?

Penataan PKL secara Partisipatif
Adanya simpangan antara rencana dengan kenyataan pada penataan PKL Losari yang terjadi di lapangan menjadi faktor yang menjadikan ‘penataan’ ini perlu peninjauan kembali. Optimalisasi perkembangan dan pertumbuhan aktivitas sosial ekonomi yang dulu diharapkan dengan adanya penataan tersebut, rupanya tidak berjalan sebagai mestinya. Selain itu, rendahnya kualitas perencanaan juga disebabkan karena tidak diikutinya proses teknis dan prosedur kelembagaan serta tidak adanya komitmen aparatur terkait.

Kebijakan pengelolaan dan penataan PKL Losari seharusnya didasarkan pada ketegasan pemerintah yang objektif dan tidak pilih kasih. Jangan sampai dalam aturan yang memang tidak membolehkan berdagang di tempat tersebut, namun dalam prateknya mereka tetap dapat berjualan dengan pembayaran sejumlah uang.

Seperti yang terjadi sekarang, di mana setiap pedagang yang menempati titik di jalan penghibur harus membayar retribusi sebesar 5 ribu rupiah jauh lebih mahal daripada retribusi di Pantai Laguna yakni Rp3.000. Hal ini akan menyulitkan, jika usaha-usaha itu semakin membesar dan semakin banyak, dan pemerintah baru berinisiatif untuk menggusur atau menatanya.

Penataan PKL Losari perlu kebijakan yang bijak dan arif, yang tidak hanya bisa menyalahkan, menggusur atau menertibkan semata. Kebijakan untuk mereka seharusnya tidak didasarkan pada pandangan sebelah mata, apalagi didasarkan para stereotipe-stereotipe yang negatif.

Kegagalan pemerintah memahami mereka akan menghasilkan kebijakan yang juga menemui kegagalan. Bukankah pedagang kecil seperti mereka juga manusia?

Mereka juga memiliki rasa dan harapan. Mereka memiliki hak untuk hidup, hak ekonomi, hak pendidikan dan tentu hak kesehatan. Terutama hak sebagai warga negara yang bebas dari segala diskriminasi hukum dan prilaku sewenang-wenang pemerintah.

Kebijakan yang dikeluarkan seharusnya didasarkan pada filosofi pemberdayaan partisipatif yang memungkinkan para PKL Losari bisa berpijak pada kekuatan sendiri untuk terus berusaha, berkarya dan pada saat yang sama bisa menjaga dan melestarikan ketertiban dan keindahan kota. Hal ini menuntut pelibatan secara menyeluruh yang mencakup semua pedagang bukan hanya para ‘anggota pemerintah’ yang didaulat sebagai pemimpin mereka. Penataan tersebut harus memegang prinsip kesetaraan dan kemitraan, transparansi, kesetaraan kewenangan, kesetaraan tanggung jawab, dan pemberdayaan. Menempati beberapa titik di jalan penghibur bagi saya bukanlah masalah sejauh pedagang tersebut punya komitmen untuk menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban kota ini.

Saya tidak sabar menantikan akhir pekan lagi. Duduk menikmati semilir angin laut, melihat matahari terbenam di kaki langit yang membentuk semburat jingga di sebelah barat hingga menciptakan siluet senja yang mempesona, dan tentu saja sambil menikmati sepiring pisang epe. Saya ingin terus mencatat geliat PKL, sejarah Arsyad dan lainnya, tiang utama ekonomi kerakyatan kota ini.

0 thoughts on “Jatuh Bangun PKL Losari

  1. uNieQ

    nda tau k mau komenG apa.. tp dipaksa k sama yang pny blog.. na kana apa ji gunanya nu baca klo nda komenG ko… komenG sai mako.. jadi terpaksa maka ma’ komenG ini.. wlopun enggan.. karena nda tau apa mau ku tulis.. *addeh nda tau apa mo na tulis tp jadimi 1 paragraf.. betul2*

    dulu setiap sy lagi dalam perjalanan, entah itu ke surabaya, jogja, jakarta, dan beberapa kota lainnya, selalu ditanya begini sama teman seperjalan..
    “dari mana mba??”
    pas sy jawab makassar, rata2 mereka yang pernah ke makassar, pasti selalu bertanya masih adakah itu PKL disepanjang bibir pantai losari, na bilang bede asyik sekali duduk2 dipinggir pantai, sambil nikmati aneka makanan yang dijual disepanjang pantai.. pas sy bilang klo PKL itu sudah lama digusur, rata2 menyayangkan..

    klo sy sendiri jg sedikit menyayangkan.. soalnya ada tempat makan nasi gorengku dulu disitu.. diantara semua yang jualan, di mas ituji yang paling mantap rasa nasi gorengnya… nda tau setelah pindah, si mas pindah kemana ya??? jaman dulu ingat, klo ada bazarnya teman2 pasti disekitar situ ji.. wlopun rasa pas2an, tp kesempatan untuk menikmati sunset dengan ditemani makanan dan minuman lebih mantap terasa…

    skg, wlopun masih sering masuk ke pantai laguna, ya memang tetap asyik suasananya pantai losari yang dulu… di laguna, qt juga di suguhi pemandangan tembok, dengan bau yang kurang sedap… jadi ga betah lama2…

    wlopun merindukan losari lama, tp setidaknya losari sekarang sudah mendingan mi lha… asal tidak banyakji pengamen yang ambil paksa sendalmu… hohohoho *pengalaman pribadi*

    dende ku bilang memang ji, jangan mako suruh k koment… liad mako.. komentku sudah seperti mi postingan… uFF
    maklum mako lama nda nulis blog.. jadi gini mi hasil na…..hahahahhahaha

    wedew… baru pengantar satu paragraf memang mi. untung postinganku kali ini lumayan panjang jadi nda tersaingi dengan komenGmu yang labbu ini… ecc..

    ka kau iya paksa2 k buka blogku, tumbenG2x kau mo baca tulisanku, apalagi tulisan yang tema gini, jadi nda afdol rasanya ko baca tapi nda komenG. Dan akhirnya ko berhasil menambah panjang halaman ini.

    Reply
  2. Acculk

    Akhirnya tulisan ini terbit juga. :-). Dan tdk tahan buat komen krn hmpir tiap hari sy berada di sekitar kawasan yg dimaksud.

    Keberadaan PKL di Jl Metro t.bunga pada thn 2001 itu kalo menurut saya memang sdh cukup baik dibanding saat mereka di Jl. Penghibur, yang acapkali menimbulkan kemacetan krna kondisi jalannya yg sempit, dan ruang untuk parkir sangat terbatas. Di Jl. Metro, Jalannya sdh lumayan lebar dan viewnya juga tidak kalah indahnya . Cuma pemerintah saat itu mungkin hanya mau menggampangkan saja. Tinggal gusur, Yah, langsung Bersih. Tanpa mencoba mencari alternatif yang lebih baik.

    Seandainya waktu itu, pemerintah hanya cukup dgn menatanya saja, misal, Pengadaan tenda dan gerobak gratis utk para PKL dengan desain yg cantik, menarik dan seragam, dgn penempatan yang teratur, tentu akan tampak lbh rapi, jauh dari kesan semrawut. Penyediaan ruang parkir, utk menghindari kemacetan, Sedang utk masalah kebersihan, pemerintah bs menerapkan sanksi tegas kpda PKL yg tdk bs menjaga kebersihan. yah, hitung2 sekaligus memberikan pendidikan kedisiplinan kepada “masyarakat kecil” dlm hal kebersihan.

    Tetapi, kalau memang perencanaan kota kita sangat matang dan baik, saya kira mereka tdk perlu mengalami hal seperti itu, harus dipindah pindahkan. Dan Tidak menutup kemungkinan,besok2`
    Kawasan laguna akan ditanami lagi gedung2 baru dan PKL disana akan tergusur lagi

    Hmm… Tugasnya inart nanti , sebagai calon Insyinyur Perencana Kota, membuat tata kota Makassar menjadi lebih baik. 😛

    wah… tulisan ini sepertinya mengundang orang untuk berkomentar panjang. Hehe…
    Dari komentarnya, Pak Acculk sepertinya sudah bisa menjadi perencana kota. :p
    beginilah nasib kota kita, perencana seolah-olah kehilangan taring dan pejabat seperti ompong ketika menghadapi pengusaha dan penguasa yang mengandalkan ‘uang’
    akhirnya yang tidak memiliki komisi dan koneksi pun harus tersingkir atau sengaja disingkirkan. ironis.

    tapi saya yakin, suatu hari nanti ada perubahan yang lebih baik selama kita, seluruh masyarakat kota ini, punya komitmen untuk berubah lebih baik dan menciptakan kesejahteraan dan kenyamanan di kota ini. Karena perubahan kota yang lebih baik bukan hanya tugas perencana kota semata, tapi hak dan kewajiban semua stakeholder.

    Reply
  3. daunkelor

    I donno why i really like to drop my comment here. I tod many makasar blogger but why InArt. Who she is actually? Something special for me i guess but still donno what it is. Dont be MOJOK andiku’……
    Btw, for me any kind of development based on your topic should be bring more advantage for those people surrounding there. Nowaday most of the name of urban city development just giving more benefit for developer and their cronism. What about the poor people living there site???? How far government and developer can help them???? Where their living or working after then??? and a lot of aspect shoud be considered.
    Sometime we need sacrify something to achieve a great civilization. But the question is ‘that its appropriately for our society or not’. LIFE is ‘bias’ when the MONEY take a rule. Although wheter you like or not we must be accepted cause everything is done had a HIKMAH beside that.
    However i want to see the new brand PKL (also new IPK InArt may be) for my next vocation there. Insya Allah. i wish…..

    Honestly, I also curiaos with you. But thanks for comment (again) in my blog.

    Thats reality, virus capitalism is making Money has become GOD. The rich more rich, and the poor more poor.

    Yes, I agree everything is done had a hikmah beside that, and we are must find out, for our better future. I hope Allah always give us a best way.

    Are you will vacation on Makassar?

    Reply
  4. quinie

    mungkin kalo mereka di modalin or di sponsorin dengan gerobak2 yang lucu, ga akan keliatan kumuh, malahan tambah seru…
    Bagus ya tempatnya…

    iya, sepertinya lebih seru, tapi siapa yang mo modalin yak?

    Reply
  5. daunkelor

    yup, my 1st vacation during independence day 2 years ago. Insya Allah maybe by the end of the year i will visit there again.
    i cant forget my favorite dish is pisang epe and also berobbo’ mix vegetable +daun kelor………with peco lada of coz.

    Reply
  6. SA

    perkembangan tulisanmu makin bagus, makan berciri khas dan memiliki perspektif yang sama, kota ini untuk semua warga, bukan hanya milik yang berduit. analisamu juga semakin dalam dan sudah berani menyanyikan gagasan sulosi di akhir tulisan. kembangkan ki ces.

    makasih…

    Reply
  7. arhyen

    hmm….tugasta’ ini nart jadi seorang perencana kota yg punya “posisi” pemkot kota!!!masalahnya klo cmn andalkan title tapi ndak ada atw kurangnya koneksi, apa yang kita cita2kan u/ penataan kota hanya bisa tergambar di atas selembar kertas sj!!

    tentang laguna…sebuah kawasan wisata kulinerv yg bisa dijangkau siapa sj mulai dri tingkatan ekonomi, umur. tapi sekarang bukan hanya jdi kawsan kuliner sj tapi tempat “hiburan malam” Dan siapa pun bisa menikmatinya, sampe anak kecil dibawah 8 thn sudah tau bagaimana dunia malam memberikan “hiburannnya”

    hehe… sekarang saya jadi pengamat saja dulu temani unieq yang juga pengamat. wkwkw

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *